21 October 2008

Kamus Komputer

A

Access Server

Komunikasi-komunikasi procesor yang mengoneksinkan device-device ke sebuah LAN atau WAN melalui jaringan dan terminal softwere emulasi. Membentuk routing synchronous artau asynchronous yang disupport dprotoko-protokol. Terkadang dipanggil network access server


Active Hub

Device multiport yang mampu memperkuat sinyal-sinyal transmisi LAN.


Adapter

Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.


Adempiere

Adempiere adalah proyek diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyediakan fungsionaliatas sebuah Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM).

Proyek Adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut dari ketidaksepakan para pengembang Compiere™ dengan perusahan komersil dibelakangnya: ComPiere Inc. Pengembangan proyek Adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek Compiere™.

Nama 'adem' berasal dari bahasa Italia dengan arti untuk memenuhi 'to fulfill' tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas "to complete, reach, practice, perform the duties of, or free (discharge), it also means to honor and respect".

ADSL

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah DSL dengan konfigurasi asimetrik dirancang khusus untuk para pengguna internet, dimana laju muat-turun (down-stream) beberapa kali lebih cepat dari pada laju muat-naik (up-stream). Berbeda dengan layanan sambungan dering (dial-up) yang menggunakan pita-dasar dengan laju 56 s/d 128 kbps via modem analog, untuk dapat mengakses internet, layanan via ADSL menggunakan pita-lebar dengan laju 384 s/d 512 kbps via modem digital dengan laju maksimum 8.192 kbps (8 Mbps). Jangkauan ADSL tipikal adalah 2 km dari lokasi terminal ke kantor telepon. ADSL memungkinkan: suara atau fax, dan data (text dan graphics) beroperasi serentak menggunakan jalur berbeda pada hanya satu saluran telepon.

Address mapping
Sebuah teknik yang memungkinkan protokol-protokol berbeda malakukan interoperasi dengan mentranslasi address-address dari satu format ke format lainnya. Sebagai contoh, manakala routing IP melalui X.25, setiap IP address harus di-map ke address-address X.25 sehingga paket-paket IP dapat ditransmisikan oleh X.25 network.

Address mask
Merupakan kombinasi bit yang digunakan untuk menjelaskan porsi mana (dari sebuah address) yang mengacu ke network atau subnet, dan mana yang mengacu ke host. Terkadang cukup dipanggil mask.

AIGLX
AIGLX (akronim untuk "Accelerated Indirect GLX") adalah sebuah proyek open source yang didirikan yayasan X.Org Foundation dan komunitas Fedora Core Linux community untuk menyediakan kemampuan accelerated indirect GLX rendering untuk X.org dan DRI drivers. Hal ini memungkinkan klien X jarak jauh (remote) mendapatkan hardware accelerated rendering sepenuhnya memanfaatkan protokol GLX. AIGLX juga merupakan komponen yang dibutuhkan untuk menyediakan kinerja yang baik bila menggunakan OpenGL untuk mengkomposisi window manager, seperti pada Compiz atau Metacity.

AJAX
Ajax, singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML, adalah teknik pengembangan Web untuk memungkinkan aplikasi web yang interaktiv. Tujuannya adalah agar halaman web menjadi lebih resposiv karena jumlah pertukaran data dibelakang layar menjadi kecil, tanpa mendownload ulang seluruh halaman bila pengguna melakukan perubahan atau transaksi. Ini berarti peningkatan kecepatan, interaktiviti dan usabiliti.

Algorithm

Secara umum, sebarang kumpulan instruksi yang dapat dilaksanakan untuk suatu tugas khusus. Pada bidang komputer dapat secara eksplisit disendi menjadi kumpulan instruksi dalam bahasa komputer yang memanipulasi suatu jenis data.

Anaconda
Anaconda (nama diambil dari nama sejenis ular: 'bull killer') adalah sebuah installer untuk Red Hat Linux dan Fedora Core. Ditulis dalam bahasa pemrograman Python dan C, dilengkapi dengan antarmuka graphical frontend menggunakan PyGTK dan text frontend menggunakan python-newt. Sebuah file kickstart dapat digunakan untuk mengotomatisasi konfigurasi proses instalasi, memungkinkan pengguna menjalankannya tanpa supervisi.

ANSI.SYS

Device driver yang dapat diinstalasi, tersedia bagi pengguna komputer MS-DOS yang memungkinkan penggunaan instruksi ANSI (Urutan escape) untuk mengendalikan konsul (layar dan keyboard).

Apache
Apache HTTP Server adalah software open source untuk HTTP web server yang dijalankan di platform sistem Unix-like seperti BSD, Linux, dan UNIX, Microsoft Windows dan lainnya. Apache dikembangkan dan dipelihara oleh komunitas terbuka yang bergabung dengan Apache Software Foundation.

Mulanya, Apache sekedar open source alternative untuk Netscape web server (kini dikenal sebagai Sun ONE). Kemudian ia berkembang dengan pesat melampaui semua jenis Unix based HTTP server lainnya baik dalam hal fungsionalitas maupun kecepatan. Apache adalah HTTP server paling popular di Internet sejak April 1996 dan menguasai 57% pangsa pada bulan Mei 1999. Pada bulan August 2004 telah tercatat peningkatan menjadi 67%.

Apache piawai memiliki fitur 'highly configurable error messages, DBMS-based authentication databases, and content negotiation'. Didukung beberapa GUIs memudahkan konfigurasi dan lebih intuitif. Apache medukung fitur yang diimplementasikan sebagai modul ter-kompilasi mulai dari server-side programming language support sampai dengan authentication schemes. Sejumlah bahasa pemrograman yang lazim seperti Perl, Python, dan PHP didukung sepenuhnya.

Apache umumnya digunakan dalam satu paket popular LAMP (Linux Apache MySQL dan PHP/Perl/Python). Selain itu Apache juga dikemas bersama paket proprietari seperti Oracle database atau IBM WebSphere application server. Secara tak langsung juga didukung Borland dengan Kylix dan Delphi development tools.

API
Application Programming Interface (API) adalah antarmuka yang disediakan sebuah sistem komputer, library atau aplikasi agar memungungkinkan program lain untuk mendapatkan layanan dan /atau bertukar data. Tujuan lain dari API adalah untuk menjelaskan bagaimana pengembang dapat mengakses dan meanfaatkan fungsi (misalnya dari library) tanpa perlu mengetahui kode sumbernya maupun mempelajari cara kerjanya komponen fungsional atau library tersebut secara detil. Contoh: sebuah API misalnya menjelaskan tatacara bagaimana memanggil fungsi untuk menggambar sebuah icon dari library. Bila prosedur dijalankan maka program akan memanggil API (sebuah library) tersebut untuk menggambar icon yang ingin ditampilkan.

AppArmor
AppArmor adalah solusi pengamanan yang dikembangkan Immunix kemudian diambil alih Novell setelah Immunix diakuisisi Mei 2005. Novell AppArmor, powered by Immunix, adalah sistem pengamanan aplikasi Linux yang efektif dan mudah digunakan. AppArmor melindungi sistem operasi dan aplikasi seperti Apache berikut CGI-Script, Postfix- dan Sendmail-Mailserver, Samba-dan NFS-Fileserver, SSH dan lainnya terhadap efek dari sebuah attacks, termasuk virus dan malicious applications. Dengan demikian, ancaman dapat diminimalkan, sekaligus melindungi data penting korporat, mengurangi biaya administrasi jaringan sementara memenuhi persyaratan regulasi pemerintah US. AppArmor dapat dikelola menggunakan perkakas YaST (Yet Another Setup Tool).

Application layer
Merupakan layer 7 dari OSI reference model. Layer ini memberikan layanan-layanan unutk proses-proses apliakasi (seperti electronic mail, file transfer, dan terminal emulation) yang merupakan di luar OSI model.

Arc

Extensi/Sambungan suatu nama fail yang dikompres dengan memakai program ARC lainnya untuk menjimatkan ruang.

ARP
Address Resolution Protocol. Adalah protokol internet yang digunakan untuk melakukan map sebuah IP address ke sebuah MAC addres. Dijelaskan dalam RFC 826.

ARPA
Advance Research Project Agency. Adalah organisasi riset dan pengembangan yang merupakan bagian dari DoD. ARPA bertanggung jawab dan sangat berperan dalam beragam teknologi komunikasi dan networking. ARPA sempat menjadi DARPA, tetapi kembali lagi ke ARPA (tahun 1994).

ASCII
America Standard Code for Information Interchange. Merupakan 8-bit kode untuk representasi karakter (7 bits plus parity).

ATM
Asynchronous Transfer Mode. Merupakan standar internasional untuk cell relay dimana multipe tipe layanan (semisal voice, atau data) disampaikan dalam fixed lenght (53-byte) cells. Fixed-lenght cells memnungkinkan proses cell berlangsung dalam hardwere, dengan demikian akan mereduksi keterlambatan transit. ATM dirancang untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti E3, SONET dan T3.

AUI
Attachment unit Interface. Adalah interface IEEE 802.3 diantara MAU dan NIC. Definisi AUI juga dapat berupa panel port dibelakang sebuah device dimana kabel AUI dapat dipasang disana, seperti dapat ditemukan dalam Cisco LightStreamEthernet Access card. Juga dikenal dengan kabel transceiver.

Authority Zone
Diasosiasikan dengan DNS, yakni sebuah zona otoritas dari sesi sebuah pohon domain-name.

AWALI
AWALI atau Asosiasi Warnet Linux & Opensource Indonesia, adalah organisasi sosial yang dibentuk untuk membantu dan mewadahi komunitas warnet yang menggunakan Linux & sistem operasi Opensource lainnya.

B
Backbone
Bagian jaringan yang berperan sebagaipath primer dari traffic, sering diasumsikan sebagai sumber traffic, atau salinan dari sebuah file yang dibuat untuk memastikan bahwa jika file orisinal rusak atau dihancurkan, maka yang hilang akan diminimalkan dan kebanyakan tidak semua data bisa diperbaiki. Secara khusus, backup dibuat dalam interval reguler, yang disimpan di media yang dapat dipindahkan, misalnya disk Zip, dan diletakkan di lokasi yang terpisah dari komputer.

BASIC
BASIC (acronym untuk Beginner's All-purpose Symbolic Instruction Code) merupakan keluarga dari bahasa pemrograman high-level. Awalnya pada tahun 1963 didisain John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz di perguruan Dartmouth College guna menyediakan kemudahan akses kepada siswa-siswa non-science menggunakan komputer. Saat itu nyaris semua komputer harus diprogram secara khusus sehingga hanya pakar atau scientists dan mathematicians yang mampu menggunakannya. Bahasa BASIC berikut segala turunanya kemudian di dasawarsa 1980an piawai dikalangan pengguna komputer pribadi, dan sampai saat ini masih banyak digunakan.

Bandwith
Merupakan istilah besaran frekuensi untuk sinyal-sinyal jaringan. Definisinya dapat juga digunakan untuk menjelaskan kapasitas keluaran yang diberikan pada sebuah media jaringan atau protokol.

Batch

Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.


Batch Processing

Berlangsungnya batch fail pada mikro komputer dan suatu simpanan 'batch' instruksi (pentunjuk) sistem operasi yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi (gangguan) pengguna.

Beagle
Beagle adalah sebuah search engine yang menelusuri seluruh data personal Anda yang tersimpan di desktop. Beagle mendata dengan meng-index seluruh isi harddisk, termasuk email, percakapan chats, website yang dikunjungi dan metadata seperti catatan atau komentar untuk gambar yang disimpan dan segala yang terkait misalnya jadwal penerbangan dan sebagainya.

Berkeley Software Distribution
Berkeley Software Distribution (BSD) adalah turunan Unix yang didistribusikan oleh University of California, Berkeley sejak tahun 1970an. Nama BSD juga digunakan untuk kelompok dari sejumlah sistem operasi yang dikembangkan dan disitribusikan berdasarkan lisensi BSD yang lebih bebas dari pada GPL. BSD mulanya dikenal luas dan diindentifikasikan sebagai versi Unix yang tersedia untuk sistem kelas workstation. Sementara ia merupakan supersede dari Unix System V Release 4.x dan OSF/1 systems di tahun 1990an, adopsi versi dengan basis pemrograman open source, seperti FreeBSD, NetBSD dan OpenBSD dikembangkan komunitas via Internet memberikan makna yang lebih luas.

Benchmark

Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.

BIOS
Basic Input/Output System (BIOS) adalah low-level software mengendalikan bagian-bagian (devices attached) yang berinteraksi satu dengan lainnya dalam sebuah komputer. Mulanya dianggap bagian yang tak terpisahkan dari hardware, kemudian disadari bahwa BIOS adalah software seperti lazimnya perangkat lunak lain.

Binary
Sebuah sistem penomeran yang dikarakterisasikan oleh (salah satu) angka satu dan nol (1 = on, 0 = off).

Bit map
Suatu bit image, khususnya struktur data yang menyatakan bit image yang ada pada memori, yang mewakili suatu gambar yang akan ditampilkan pada layar.


Bit/Binary Digit
Pada pemrosesan atau penyimpanan data, bit merupakan satuan informasi terkecil yang ditangani komputer dan secara fizikal diwakili oleh suatu aksara tunggal yang disalurkan ke media, atau merupakan digit binary yang digunakan dalam sistem pernomeran binary. Dapat berupa 0 atau 1.

Blade
Sebuah blade server pada prinsipnya adalah sekelompok motherboard komputer yang diminimalisasi tapi masing-masing lengkap dengan processors, memory, storage (harddisk) dan koneksi network, sementara memanfaatkan fasilitas tunggal untuk sistem catu daya (power supply), pendingin dan chassis. Idea dibalik 'blade servers' adalah untuk menyediakan sejumlah komputer dalam satu kemasan (tipikal rack-mounted) yang ringkas powerful tapi lebih murah daripada sistem mainframe tradisional atau server farm sekelompok komputer satuan.

Blender
Blender adalah sebuah program animasi 3D bebas yang mampu digunakan untuk modelling, uv unwrapping, texturing, rigging, skinning, animating, rendering, particle dan simulasi lainnya, non-linear editing, compositing, dan membuat aplikasi 3D interaktif. Blender tersedia untuk aneka sistem operasi termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, GNU/Linux, IRIX, Solaris, FreeBSD, SkyOS, MorphOS dan Pocket PC. Blender memiliki set fitur yang robust dan andal, ia serupa baik dalam hal skup maupun kedalaman seperti 'high-end 3D software' kelas kakap lainnya: Softimage|XSI, Cinema 4D, 3D Studio Max dan Maya. Fitur-fitur canggih termasuk advanced simulation tools seperti rigid body dynamics, fluid dynamics, dan softbody dynamics, modifier based modeling tools, powerful character animation tools, sebuah material dan compositing system berbasis node dan sebuah embedded scripting engine berbasis pemrograman Python.

Bluetooth
Bluetooth adalah sebuah spesifikasi industri untuk jaringan pribadi nirkabel atau wireless personal area networks (PANs). Bluetooth menyediakan cara berkoneksi dan bertukar informasi yang aman antar perangkat seperti personal digital assistants (PDAs), ponsel, laptops, PCs, printers dan digital cameras menggunakan frekuensi radio jarak dekat yang tersedia secara global dan murah.

Perangkat Bluetooth dapat berkomunikasi satu dengan lainnya bila berada dalam jangkauan, kendatin tidak dalam satu ruangan sama selama tidak lebih jauh dari 10 meter (32 feet) satu dengan lainnya.

Spesifikasi Bluetooht pertama kalinya dikembangkan perusahan ponsel Ericsson, kemudian diformalisasi oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group (SIG) yang didirikan pada tanggal 20 May 1999 oleh sejumlah vendor termasuk Sony Ericsson, IBM, Intel, Toshiba dan Nokia, kemudian diikuti banyak perusahan lainnya.

BNC Connector
Konektor standar yang digunakan untuk mengoneksikan kabel coaxial IEEE 802.3 10Base2 ke sebuah MAU.

BRI
Basic Rate Interface. Merupakan interface ISDN yang disusun oleh 2 channel B dan 1 channel D, untuk komunikasi circuit voice dan data.

Broadcast address
Merupakan address pilihan yang dicadangkan untuk mengirim pesan ke semua stasiun. Umumnya, broadcast address adalah sebuah MAC address tujuan.

Broadband connection
Jenis koneksi Internet yang relatif cepat, selalu aktif, dan cocok untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, video, atau musik melalui Internet.

Buffer Overflow
Dalam kaitan dengan computer programming, sebuah buffer overflow adalah sebuah kondisi tidak normal ( anomalous condition ), dimana sebuah program menulis data melampaui wilayah yang dialokasikan ( beyond the allocated end ) dari sebuah buffer di memori. Buffer overflows umumnya terjadi sebagai konsekuensi adanya kecoa atau bug dan penggunaan bahasa pemrograman seperti C atau C++ yang dianggap tidak "memory-safe". Sebagai konsekuensi dari meluapnya atau overflow adalah dapat tertimpanya ( overwritten ) data yang berlaku ( valid data ). Kelemahan buffer overflows merupakan celah berisiko dari sebuah sistem komputer, karena data yang mengontrol program berada di wilayah memori yang bertetangga dengan data untuk buffers. Dengan kata lain sebuah kondisi buffer overflow di komputer sangat potensial digunakan sebagai ajang untuk menjalankan malicious code yang disalurkan sebagai data ke buggy program.

Byte

Ungkapan untuk menyatakan seri digit-digit binary yang dioperasikan berdasarkan unit (sebagai contoh, 8-bit byte).

C
Cable
Jenis koneksi broadband yang populer yang memakai saluran televisi kabel yang sudah ada untuk berhubungan ke Internet. Koneksi kabel jauh lebih cepat dibanding koneksi telepon, membutuhkan modem kabel khusus, dan tidak mengganggu siaran televisi.

CatB
The Cathedral and the Bazaar (disingkat CatB) adalah sebuah esai karangan Eric S. Raymond tentang metoda enjenering software berdasarkan observasi pada proses pengembangan kernel Linux dan pengalamannya mengelola proyek open source: fetchmail. Pertama kalinya dipresentasikan di Linux Kongress pada tanggal 27 Mei 1997 kemudian dipublikasi sebagai bagian dari sebuah buku dengan nama yang sama pada tahun 1999. Dokumen ini telah menjadi manifesto gerakan open source dan sangat disegani.
Esai ini mengenengahkan kontras perbedaan dari model pengembangan dua jenis free software:

· Model Cathedral dimana source code tersedia disetiap rilis, tapi ekslusiv untuk dikembangkan oleh grup pengembang terbatas dan tertutup. GNU Emacs dan GCC ditampilkan sebagai contoh.

· Model Bazaar mengacu kepada pengembangan gotong royong oleh publik via Internet. Raymond memberikan kredit kepada Linus Torvalds, komandan proyek kernel Linux, sebagai penemu proses ini. Termasuk proyek fetchmail yang dikelolanya sendiri adalah menerapkan model ini.

Makna dari esai ini merupakan sebuah pernyataan Raymond yaitu "given enough eyeballs, all bugs are shallow" (atau sebagai kaidah Linus): bila source code tersedia untuk diujicoba publik, dibedah dan di eksperimentasikan, maka bugs akan ditemukan dengan cepat. Sebagai kontras, Raymond mengklaim bahwa waktu dan enerji yang dibutuhkan untuk pengembangan model Cathedral adalah sangat besar karena dikerjakan hanya oleh segelintir pengembang.

Category 5 (Cat5) UTP
Standar industri untuk kabel UTP (unshielded twisted-pair) yang dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer di suatu jaringan computer, atau merupakan salah satu dari lima kelas UTP cabling yang ditetapkan dalam EIA/TIA-568B standar. Categori 5 cabling digunakan untuk menjalankan CDDI dan dapat mentransmit data pada kecepatan mencapai 100 Mbps. Kita juga mengenal Category 1 cabling, Category 2 cabling, Category 3 cabling dan Category 4 cabling.

CAD/ Computer Aided Design

Istilah yang diaplikasikan untuk program-program yang digunakan dalam perancangan perekaan, arkitektur dan model-model ilmiah mulai dari alat-alat sederhana sampai gedung, kapal terbang dan lain-lain.


Cache Memory

Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat

Callisto
Callisto meningkatkan produktivitas para pengembang yang bekerja diatas framework Eclipse dengan menyediakan siklus pengembangan yang pasti dan transparan. Sekaligus merilis 10 projects bersamaan guna menghindari kemungkinan versi tidak kompatibel dan memudahkan pengguna memanfaatkan multiple projects.

CAM/ Computer Aided Manufacturing

Istilah yang menjelaskan penggunaan komputer dalam manufaktur sebuah produk. Sebuah produk diselesaikan ke dalam satu kumpulan instruksi yang dapat ditransmisikan ke dan digunakan oleh mesin-mesin khusus untuk industri.


Card

Istilah umum yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB) yang dapat dipasang di dalam komputer untuk menyediakan fungsi tambahan atau kemampuan baru.


Capture

Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

Cedega
(sebelumnya WineX) merupakan program propietari TransGaming Technologies menggunakan Wine sebagai basis ketika lisensi Wine belum LGPL melainkan BSD license. Didisain dengan khusus optimasi untuk menjalankan games untuk Microsoft Windows di sistem GNU/Linux denga fokus mengimplementasikan DirectX API.
Cedega mampu menjalankan kebanyakan games "out of the box". Sejak versi Cedega 5.2 ditambahkan fitur Games Disc Database (GDDB) memudahkan penggunaanya dengan auto-game detection dan setting otomatis ketika CD di masukkan.

Centrino
(dijabarkan sebagai Intel® Centrino Mobile Technology) adalah platform sebuah kiat marketing dari pembuat prosesor Intel dan merupakan sebuah kombinasi dari CPU, mainboard chipset dan antarmuka jaringan nirkabel (wireless network interface) yang didisain khusus untuk komputer notebook atau laptop.


CD-I

Kependekan dari compact disc-interactive, sebuah piawaian hardware dan software dalam bentuk CD (Compact Disc) yang dapat mengkombinasikan audio, video dan teks pada CD berkapasiti tinggi.


CD-ROM

CD-Read Only Memory media penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 MB) yang memakai laser optik untuk membaca data.


CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory

Bentuk penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 megabyte) dan penggunaan laser optic, bukan magnetik, untuk membaca data.


Chip

Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.


Checksum

Metode pengecekan integritas transmisi data. Checksum berupa nilai integer yang dihitung dari sebuah rangkaian octet yang diambil melalui sebuah seri operasi arithmetic. Nilainya dikalkulasi ulang pada penerima lalu dibandingkan untuk tujuan verifikasi.


Cisco 2500

Merupakan device Cisco router seri 2500, dirancang untuk koneksi LAN-WAN kantor-kantor kecil dan menegah.


Client

Berupa node computer, atau juga program softwere (front-end device) yang merequest servis-servis dari sebah server.


Client server coumputing

Ungkapan yang digunakan untuk menjelaskan sistem-sistem jaringan distributed computing (processing), dimana tanggung jawab transaksi-transaksi dibagi kedalam 2 bagian : Client (front end) dan server (back end).

Kedua term tsb dapat diasumsikan sebagai program-program softwere atau berupa device-device computing aktual. Begitu pula dengan peer to peer computing.

CMPCS
atau Kompiere Libero Manufacturing adalah komponen software sumber terbuka yang 100% dapat di-integrasikan dengan aplikasi ERP sumber terbuka Compiere. CMPCS mencakup semua aktivitas manufaktur (all manufacturing activity) untuk berbagai jenis lingkungan produksi. Modul-modul utama terdiri dari Rosource Planning, Prod. Plan & DM ,MPS, MRP, CRP, Manufacturing Orders & Repetitive. CMPCS jalan di Linux termasuk semua sistem operasi POSIX (Linux/BSD/UNIX-like OSes) dan semua MS Windows 32-bit (95/98/NT/2000/XP) dan tersedia dibawah lisensi Mozilla Public License 1.1.

CMS
Sebuah content management system atau CMS adalah sitem software untuk komputer yang memfasilitaskan pembuatan dokumen atau konten secara gotong royong dan kolaboratif. CMS acap diartikan sebagai aplikasi web untuk mengelola website dan konten web sementara untuk mengedit dan membuat artikel disertakan software klien khusus. Ia juga dapat digunakan untuk penyimpanan dokumen perusahan, termasuk seperti operators' manuals, technical manuals, sales guides dan sebagainya. Solusi CMS banyak tersedia dalam bentuk open source yang bebas Pungli dengan teknik yang lebih luas portal systems, wiki systems, dan web-based groupware.

Coaxial
Jenis kabel yang terdiri dari sebuah kabel tembaga yang dikelilingi oleh isolasi dan pelindung lubang kabel yang dihubungkan dengan tanah.

COM

Nama alat logik untuk komunikasi, merupakan nama sejumlah port serial (COM1, COM2, COM3, dan COM4) dalam komputer PC melalui perintah sistem operasi DOS. Jika sebuah modem dihubungkan ke salah satu port lain, maka peralatan tersebut ditetapkan sebagai COM1, dan COM2 oleh sistem operasi.


Collision

Adalah kondisi dimana 2 node atau lebih mentransmisikan paket secara bersamaan sehingga menimbulkan tubrukan, umumnya terjadi dalam Ethernet. Frame dari setiap device dapat mengalami rusak.


Computer Graphics Interface/ CGI

Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

Common Unix Printing System (CUPS)
adalah sebuah sistem pencetak komputer yang modular (modularised computer printing system) untuk komputer dengan sistem operasi Unix-like seperti Linux, BSD dan Mac OSX, yang memungkinkan komputer berfungsi sebagai powerful print servers. Komputer yang menjalankan CUPS adalah host yang dapat menerima tugas cetak dari semua komputer klien, memroses perintah tersebut dan mengirimkannya ke printer yang terkait.
CUPS terdiri dari sebuah Unix print spooler dan scheduler, sebuah sistem filter yang menterjemahkan print data ke format yang dapat dimengerti mesin pencetak (printer), termasuk sebuah sistem dilatar belakang (backend system) yang mensuplai data tersebut ke mesin pencetak. CUPS memanfaatkan Internet Printing Protocol (IPP) sebagai basis untuk mengelola tugas cetak dan antrean (print jobs and queues).

Compiere
adalah solusi bisnis ERP dan CRM bebabsis sumber terbuka (open source) untuk UKM atau Small and Medium-sized Enterprise (SME) di sektor distribusi dan layanan (distribution and service).
Compiere dikembangkan mengunakan J2EE. Baik aplikasi maupun kode sumber (source code) tersedia bebas dengan lisensi Compiere Public License berdasarkan Mozilla Public License. Compiere dapat dikustomisasi dan dikembangkan didalam aplikasinya dengan menambahkan modul software. Dokumentasi dan kontrak dukungan (support contracts) juga tersedia dengan imbalan.
Semula dibuat untuk database propietari Oracle, tapi sejak versi 2.5.2, Compiere telah indepenen dan dirilis dengan portasi ke multiple database ports seperti PostgreSQL, MySQL dan Sybase. Compiere juga jalan diatas database Firebird menggunakan ekstensi Fyracle tanpa perlu porting.
Compiere memiliki semua fungsionalitas sebuah ERP, tapi guna menghindari duplikasi terhadap indormasi dan kebutuhan akan sinkronisasi, maka ia disusun dengan cara yang berbeda. Modul-modul Compiere telah tersedia untuk: Quote-to-Cash, Requisition-to-Pay, Customer relationship management, Partner Relations Management, Supply Chain Management, Performance Analysis, dan Web Store. Modul bidang manufacturing kini ini sedang dikembangkan dalam sebuah proyek sumber terbuka independen: CMPCS atau Kompiere Libero Manufacturing.

Compiz
merupakan salah satu compositing window managers untuk sistem X Window dan yang pertama mampu memanfaatkan keunggulan dari akselerasi disediakan OpenGL. Dengan mengintegrasikan Compiz dimungkinkan melakukan efek komposisi di window management seperti efek minimasi dan menampilkan cube workspace. Compiz memenuhi persyaratan standar ICCCM dan dapat dijadikan substitusi untuk Metacity di GNOME atau KWin di KDE. Compiz menyediakan sejumlah fitur yang serupa dengan pesaingnya seperti dijumpai sebagai Exposé di Apple's Mac OS X dan fungsi baru Alt-Tab application-switcher yang akan disediakan Windows Vista(tm). Compiz pertamakalinya dirilis Novell pada bulan Januari 2006 bersamaan dengan Xgl dan saat ini sedang aktif dikembangkan. Sejak 22 Mei 2006 Compiz bisa dijalankan di server standard X.Org dengan bantuan AIGLX. Intel dan NVIDIA juga memanfaatkan Compiz bersama AIGLX.

Complier
Sebarang program yang mengubah kumpulan simbol ke kumpulan lain dengan mengikuti sintaksis, atau sebuah program yang menerjemahkan seluruh kod sumber suatu program, yang ditulis dalam bahasa program tingkat tinggi ke dalam kod objek sebelum program dieksekusi.

Contacts
Orang yang berkomunikasi dengan Anda di dalam Windows Messenger. Agar ditambahkan ke daftar Windows Messenger Contact, Anda mesti memiliki suatu rekening Passport. Selain itu, Anda perlu menginstal Windows Messenger dan dihubungkan ke Internet untuk berkomunikasi.

Config.sys

Sebuah fail teks khusus yang mengendalikan aspek perilaku sistem operasi dalam komputer PC.

Cookie
Kepingan data kecil yang disimpan pada komputer Anda oleh situs Web. Cookie mengaktifkan situs Web untuk mengenali kedatangan kembali para pengunjung dan mengizinkan mereka untuk menyimpan setting masing-masing, seperti nama logon, password, dan setting halaman yang lazim.

Crash

Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.


CRT/ Cathode Ray Tube

Merupakan asas atau nama teknik dari layar televisyen atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.


Cray

Sebutan untuk jenis komputer yang besar dan cepat, sebesar almari es, 64-bit, kecepatan 165 MHz.


Cross talk

Interfensi energy yang ditransfer dari salah satu circuit key an lainnya.

Customer Relationship Management (CRM)
adalah untuk memungkinkan sebuah perusahan meningkatkan dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya.
Software CRM yang terintegrasi acapkali disebut sebagai sebuah "front office solutions." Berbeda dengan ERP (Enterprise Resource Planning) yang bekerja sebagai back office system dilatar belakang, CRM berinteraksi langsung melibatkan pelanggan.
Di lingkungan bisnis yang berkompetisi, sebuah strategi CRM yang sukses diimplementasikan tidak sekedar dengan menginstalasi dan mengintegrasikan paket software yang didisain khusus mendukung proses CRM. Pendekatan CRM secara menyeluruh diperlukan untuk kebijakan CRM yang efektif dan efisien termasuk pelatihan karyawan, modifikasi proses bisnis disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan adopsi sistem TI (software dan hardware) yang relevan, memanfaakan layanan TI yang mendukung perusahan memenuhi strategi CRM.
Istilah CRM menjabarkan baik sebagai sebuah software maupun strategi bisnis berorientasi pelanggan secara keseluruhan.

D

Daisy-wheel Printer

Printer yang menggunakan elemen logam atau plastik berbentuk seperti roda atau bunga aster (daisy) dengan tonjolan karakter di setiap ujung jari-jarinya. Cara kerjanya dengan mengetukkkan logam berhuruf timbul ke pita yang menyentuh kertas di bawahnya seperti mesin ketok.


Data compression

Memadatkan data atau informasi pada suatu fail agar penyimpanan lebih efisien


DARPA

Defense Advance Research Projects Agency. Merupakan U.S. government agency yang membiayai dan menyelenggarakan riset untuk percobaan dan pengembangan internet. Dikembangkan dari ARPA, namun berubah kembali ke ARPA dalam tahun 1994

Darwin
adalah sistem operasi dengan core turunan Unix yang disediakan sebagai fondasi untuk Mac OS X. Jantung Darwin adalah kernel XNU, merupakan microkernel berbasis Mach 3.0 yang telah dimodifikasi dan ditambahkan porsi FreeBSD atas pertimbangan peningkatan kinerja. Darwin menyertakan fasilitas untuk menciptakan device drivers, mendukung multiple file systems menggunakan disain Virtual File System (VFS) yang ditingkatkan. Darwin juga menawarkan fasilitas premier networking seperti Bonjour, sebuah implementasi dari zero-configuration networking. Rilis Darwin untuk Apple bernaung dibawah lisensi Apple Public Source License (APSL) 2.0, dan yayasan seperti OpenDarwin.org dan GNU-Darwin memanfaatkan kode sumber tersebut didukung komunitas untuk mengembangkan edisi khusus Darwin yang dirilis secara berkala.

Dedicated LAN

Segmen jaringan yang dialokasikan ke sebuah device tunggal. Digunakan dalam topologi-topologi LAN switched network.


Desktop Publishing

Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualiti tinggi.


Dial Access

Komunikasi yang dapat diakses melalui fasiliti/kemudahan hubungan antara jaringan yang dihasilkan melalui jalur telefon biasa.

Dial-up connection
Suatu jenis koneksi Internet yang memakai saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi. Dial-up connection sangat populer tetapi sangat lambat. Komputer Anda menentukan koneksi Internet dengan memakai sebuah modem melalui saluran telepon dan mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda selama durasi sesi Internet. Dial-up connection hanya cocok untuk pemakaian Internet yang tidak rutin dan pada umumnya terlampau lambat untuk mempertukarkan file-file besar, misalnya grafis, musik, dan video.

Dial-up line
Komunikasi-komunikasi circuit yang dibangun oleh koneksi switched circuit menggunakan jaringan telepon.

Digital Satellite System (DSS)
Jenis dial-up connection yang memakai piring satelit untuk men-download informasi dari Internet. Walaupun piring DSS dapat men-download informasi secara cepat, koneksi ini hanya satu arah, yang berarti bahwa Anda masih harus menentukan dial-up connection melalui saluran telepon untuk memulai sesi Internet dan mengambil informasi.

Digital Subscriber Line (DSL)
Tipe broadband connection yang populer yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai dalam saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. DSL jauh lebih cepat ketimbang dial-up connection atau ISDN, tetapi DSL tidak mengganggu pemakaian telepon sehari-hari.


DRAM (Dynamic RAM)

Bentuk RAM (Random Access Memory) semikonduktor yang dapat dibaca dan ditulis oleh prosesor atau piranti lainnya. Lokasi penyimpanan data pada rangkaian terpadu (chip) yang mengandung kapasitor dengan kapasiti lebih besar.


Download

Proses hantar salinan fail dari komputer jauh ke komputer pemanggil dengan pertolongan modem atau jaringan.

DOS

Sinngkatan dari Disk Operating System atau Sistem Pengoperasian Disket/Cakera. Adalah program atau aturcara yang membolehkan komputer beroperasi


DBMS

Singkatan dari Data Base Management System atau sistem manajemen asas data. Adalah sebuah lapisan peringkat lunak di antara asas data fisik dan pengguna. DBMS mengatur seluruh permintaan untuk tindakan asas data (seperti pembaruan) dari pengguna.


DNA

Digital Network Architecture. Arsitektur jaringan yang dikembangkan oleh Digital Equipments Corp. Produk-produk yang dikeluarkan DNA (temasuk produk-produk komunikasi) secara kolektif dikenal sebagai DECnet.

DNS
Domain Naming System. Sistem yang digunakan dalam dunia internet untuk translasi name-name node jaringan ke bentuk address-address.

Dual-home station
Device yang dipasangkan ke multiple ring FDDI untuk memberikan redundansi.

E
Eclipse
adalah framework software open-source dan platform-independent untuk menyediakan "rich-client applications" (sebagai lawankata dari "thin clients"), dalam pengertian bahwa clients menjalankan beban kerja tinggi bersama host yang menjalankan applikasi. Selama ini framework digunakan tipikal untuk mengembangkan IDEs (Integrated Development Environments), misalnya Java IDE yang cukup disegani. Java Development Toolkit (JDT) dan compiler yang disertakan merupakan bagian dari Eclipse (sekaligus digunakan untuk mengembangkan Eclipse sendiri). Seyogyanya Eclipse dapat digunakan untuk jenis client application tipe lain seperti misalnya untuk Azureus yang berfungsi sebagai klien BitTorrent.
Eclipse mulanya dikembangkan IBM, kini diteruskan oleh yayasan Eclipse Foundation yang beranggotakan sejumlah perusahan pengembang software.

EDO RAM/ Extended Data Out RAM

Chip RAM yang menyertakan komponen logik yang mengorganisi aliran data keluar yang menawarkan aliran data lebih cepat bila ada permintaan dengan susunan berurutan.


EDI

Elektronik data interchange. Komunikasi elektronik pada data operasional seperti order-order dan faktur diantara organisasi-organisasi.


EGP

Exterior Gateway Protocol. Merupakan protocol internet untuk pertukaran informasi routing diantara sistem-sistem autonomous. Didokumentasikan dalam RFC 904. Jangan telalu pusing dengan definisi exterior gateway protocol. EGP dapa dasarnya adalah protocol absolute yang telah digantikan BGP.


EISA

Extended industry-Standard Architecture. Merupakan interface 32-bit bus yang banyak digunakan dalam PC-PC, PC berbasis server dan beberapa workstation dan server UNIX.


Electronic mail


Secara luas digunakan aplikasi jaringan dimana pesan-pesan mail ditransmisi secara elektronik diantara user-user pengguna melalui beragam tipe network dan menggunakan beragam protocol. Sering disebut juga e-mail.

Embedded
Sistem embedded merupakan sistem bertujuan-khusus (special purpose) yang terisolir berbentuk sebuah perangkat atau sistem. Berbeda dengan sebuah komputer serbaguna, sebuah sistem embedded melakukan pekerjaan khusus yang telah ditentukan atau terdefinisi sebelumnya, umumnya untuk kebutuhan yang spesifik. Dengan pembatasan tugas, pengembang dapat mengoptimasi sistem embedded baik dari segi ukuran yang lebih kecil, maupun biaya pembuatannya yang digandakan secara masal. Contoh tipikal adalah sebuah PDA, telepon genggam atau perangkat pemutar multimedia, juga mesin ATM dan peralatan rumah sakit. Sistem operasi Linux yang bebas pungutan lisensi sangat popular digunakan pengembang sebagai sistem operasi, terutama dengan tiadanya beban biaya awal dan tersedianya kode sumber yang bebas.

EMI
Electromagnetic Interference. Merupakan interferensi yang ditimbulkan dari sinyal-sinyal elektromagnetis yang dapat menyebabkan reduksi integritas data dan menimbulkan error dalam skala tertentu pada channel-channel transmisi.

Encryption/ Enkripsi

Proses pembuatan informasi yang tidak dapat dibaca untuk memproteksi informasi dari pengguna yang tidak sah, khususnya selama transmisi atau ketika informasi tersebut disimpan pada medium magnetik yang boleh diangkat-angkat.

Enterprise resource planning systems (ERPs)
adalah sistem informasi manajemen yang mengintegrasikan dan mengotomasikan semua atau sejumlah proses bisnis dengan aspek operasi atau produksi dalam sebuah perusahan. ERP juga diturunkan dari material resource planning yang tipikal menangani manufacturing, logistics, distribution, inventory, shipping, invoicing, dan accounting dari perusahan. Software ERP dapat membantu memantau dan mengontrol berbagai aktifitas bisnis seperti sales, delivery, billing, production, inventory management, dan human resources management.
ERPs acapkali disebut back office systems mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik tidak dikaitkan langsung. Sementara sebaliknya sebuah front office systems seperti CRM atau customer relationship management systems melibatkan dan berinteraksi langsung dengan pelanggan.
ERPs memiliki fungsi silang disegenap bagian dari seluruh perusahan. Semua bagian dikaitkan dalam satu sistem, baik operasional maupun produksi. Kecuali itu ditambahkan bidang manufacturing, warehousing, dan shipping, semuanya termasuk: accounting, human resources, marketing, dan strategic management.

Ethernet

Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.

Ethernet crossover cable
Jenis kabel Ethernet khusus yang membolehkan dua komputer berhubungan satu sama lain secara langsung melalui adapter jaringan Ethernet-nya. Dengan kabel Ethernet yang normal, setiap komputer harus berhubungan ke hub jaringan untuk berkomunikasi.

EULA
Sebuah software license jenis proprietari merupakan memorandum of contract antara pembuat (vendor) dan pengguna akhir dari computer software — acapkali disebutkan sebagai End User License Agreement (EULA) — yang menentukan batasan dan ijin yang diberikan pembuat kepada pengguna. EULAs yang umumnya diberlakukan untuk shrink wrapped software, tercetak disertakan dalam box bersegel atau kebanyakan dipresentasikan elektronis saat proses instalasi berlangsung. Pengguna diberikan alternativ menyetujui (accept) atau tidak perjanjian EULA dengan klik tikus (mouse click) dan instalasi dapat dituntaskan setelah menyetujuinya.
Penjual sofware umumnya memberlakukan disklaimer untuk hal itu kerena perjanjian EULA tidak dapat dibaca sebelum box dibuka dan software tidak dapat dikembalikan setelah box terbuka dan nomor seri untuk aktivasi terbaca. Menurut wikipedia.org, lisensi EULA masih diragukan keabsahannya di United States apakah bisa enforceable (ditegakkan). Selengkapnya simak: Lisensi: GPL vs. EULA

Evolution
atau Novell Evolution (mulanya Ximian Evolution sebelum ia diakuisisi Novell tahun 2003) merupakan tool paket resmi bawaan GNOME sejak versi 2.8 untuk personal information manager (PIM) dan workgroup information management yang mengelola kombinasi dari fungsi-fungsi e-mail, kalendar, buku alamat dan task list management. Evolution adalah proyek sumber terbuka pengembangannya terutama disponsori oleh Novell.
Baik antarmuka maupun fungsionalitas termasuk fitur yang dimilikinya adalah sangat mirip dengan Microsoft Outlook. Evolution dapat disambungkan dengan Microsoft Exchange Server menggunakan antarmuka web dan program tambahan (add-on) Connector. Menggunakan gnome-pilot, dapat di sinkronisasikan dengan perangkat Palm Pilot devices, dan dengan Multisync juga dengan telepon genggam dan PDA jenis lainnya.

Expansion Bus

Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer.

F
Fast Ethernet
Merupakan sejumlah spesifikasi card Ethernet 100 Mbps. Fast Ethernet menawarkan kecepatan meningkat 10 kali lipat dari spesifikasi 10BaseT Ethernet.

FDDI
Fiber Distributed Data Interface. Merupakan standar LAN, yang didefinisikan oleh ANSI X3T9.5, spesifikasi untuk jaringan token-passing 100 Mbps menggunakan kabel fiber optic, dengan dukungan transmisi hingga 2 km. FDDI menggunakan arsitektur dual-ring untuk memberikan redundansi.

Feature
Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.


Fiber Optic Cable

Mereupakan media fisik yang mampu untuk melakukan transmisi modulasi. Jika dibandingkan dengan media transmisi lainnya, kabel fiber optic lebih mahal, tetapi memiliki banyak keunggulan seperti : tidak terpengaruh oleh interferensi elektromagnetis dan memiliki kapasitas transfer besar, terkadang disebut optical fiber.

File server
Sebuah komputer pada suatu jaringan yang menyediakan lokasi sentral untuk menyimpan file sehingga semua komputer lain pada jaringan bisa mengaksesnya. Pada umumnya, sebuah komputer yang bertindak sebagai file server mempunyai hard disk yang besar untuk menyimpan file dan beberapa jenis device backup, misalnya drive tape, untuk memastikan bahwa file tidak hilang atau dihancurkan.

File Transfer Protocol (FTP)
Suatu layanan Internet yang didesain secara spesifik untuk mentransfer file-file dari satu komputer pada Internet ke komputer lain. Server FTP di Internet bisa berisi sejumlah file besar, misalnya program atau gambar, yang dapat di-download para pemakai di Internet ke komputer mereka kapan pun mereka mau.

FirefoxMozilla
(mulanya dikenal sebagai Phoenix kemudian Mozilla Firebird) adalah free, cross-platform, graphical web browser dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan ratusan pemrogram relawan http://www.mozilla.org/credits/). Debut rilis 1.0 dimulai 9 November 2004 disambut hangat baik pengguna maupun media internasional termasuk Forbes. Tersebar sangat cepat melampaui 25 million downloads dalam 99 hari dan dalam kurun waktu 6 bulan tercapai 50 juta downloads (29 April 2005) sehingga Firefox 1.0 merupakan aplikasi free and open source terbanyak digunakan.

firewall
di sebuah jaringan adalah hardware dan/atau software dengan fungsi untuk melindungi terhadap modus komunikasi yang diperkenankan berdasarkan kebijakan sekuriti yang ditentukan. Analoginya serupa dengan fungsi sebuah 'tembok api' untuk bangunan. Khususnya di lingkungan NATO, perangkat firewall juga disebut sebagai Border

Protection Device (BPD), atau packet filter di lingkungan BSD, atau Suatu device hardware atau program yang menolong mencegah akses yang tak berwenang ke sebuah komputer melalui koneksi jaringan. Firewall memantau dan menyaring paket-paket yang dikirimkan dan diterima, yang menyediakan rintangan di antara sebuah komputer atau suatu jaringan dan dunia luar, atau Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman

First-party cookie
Cookie yang diletakkan pada komputer Anda oleh situs Web yang sedang Anda kunjungi. Lihat juga third-party cookie.

Flooding
Teknik pelepasan traffic yang digunakan oleh device switch dan bridge dimana traffic yang diterima dalam interface dikirim semua ke luar interface dimana interface secara original diterima.

FLOSS
FLOSSFree/Libre/Open-Source Software, (silakan menyimak juga FOSS serupa) merupakan terminologi netral berkaitan dengan free software dan open source
software.
Banyak free software maupun open software adalah program atau source code yang sama, namun ditampilkan dengan kepentingan berbeda sebagai sebuah freedom (free software) atau technical progress (open source software).
Istilah FLOSS sering digunakan untuk menjembatani jurang ideologi antara gerakan free software dan gerakan open source. FLOSS bermanfaat bagi mereka yang, - dengan alasan apapun, - tidak ingin mengelompokkan diri ke salah satu diantara kubu tersebut. Acapkali digunakan sebagai istilah netral saat mendiskusikan free / open source software antara mereka yang memiliki opini berbeda.

FOSSFree and Open Source Software
disingkat F/OSS atau FOSS, adalah software dengan lisesnsi liberal dan menjamin kebebasan kepada pengguna untuk mempelajari, mengganti dan memperbaiki disain pemrogramannya menggunakan kode sumber (source code) yang disediakan. Secara umum F/OSS adalah sinonim dari free software dan open source software, yang menganut kultur, lisensi dan model pengembangan serupa.

Frame Relay
Merupakan standar industry switched data link layer protocol yang menangani multi circuit virtual menggunakan enkapsulasi HDLC diantara device terkoneksi. Frame Relay lebih efisien disbanding X.25.

Free Software
Perangkat Lunak Bebas mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak Tepatnya: http://www.gnu.org/philosophy/free-sw.id.html

Free BSDF
adalah sistem operasi yang free, open source, Unix-like turunan Unix dari cabang Berkeley Software Distribution (BSD) menggunakan 386BSD dan 4.4BSD. Dapat dijalankan di prosesor kompatibel dari keluarga Intel x86, seperti juga DEC Alpha, prosesor Sun UltraSPARC, Itanium (IA-64) dan AMD64. Dukungan untuk arsitektur PowerPC dan ARM sedang dikembangkan.
Sementara Linux dikembangkan secara terpisah antara kernel dan utilities sekitarnya, sistem operasi FreeBSD dikembangkan secara menyeluruh dalam satu tim termasuk kernel, semua userland utilities seperti shell dan device drivers semuanya tergabung dalam satu source code revision tracking tree (CVS). Sebagai sistem operasi, FreeBSD secara umum diakui sangat tangguh dan robust, dimana FreeBSD merupakan satu-satunya sistem operasi free yang tercantum sebagai web server dengan uptime terpanjang (paling lama jalan tanpa masalah) di daftar Netcraft.

FTP
atau file transfer protocol adalah protoklol yang sangat banyak digunakan untuk pertukaran files melintas jaringan yang mendukung protokol TCP/IP (seperti pada Internet atau intranet). Sebuah pertukaran atau transfer FTP melibatkan dua komputer yaitu server dan client. Server FTP menjalankan software FTP server, siaga melayani permintaan koneksi dari komputer lawan. Sebaliknya klien yang menjalankan sofware FTP client, menginisialisasi koneksi ke server. Sekali ia tersambung, klien dapat melakukan segala operasi manipulasi file seperti memuat naik dan turun (upload/download), menghapus, rename dan lainnya. Protokol FTP adalah open standard dan dapat digunakan lintas platform, juga antar komputer dengan sistem operasi yang berbeda, selama komputer tersebut diijinkan melakukan FTP.

Full Duplex
Merupakan kapabiliti untuk transmisi data secara simultan diantara stasion pengirim dan penerima.

G
Gaim
adalah multi-platform instant messenger yang mendukung aneka sistem instant messaging yang umum digunakan termasuk:

· AOL Instant Messenger (via OSCAR atau protokol TOC)

· Gadu-Gadu

· ICQ (via OSCAR)

· Internet Relay Chat

· Jabber (XMPP)

· MSN Messenger

· Novell Groupwise

· OpenNAP

· Yahoo! Messenger

· Zephyr

· SILC

Gaim adalah free software tersedia dibawah naungan GNU General Public License ( GPL ). Mulanya dikembangkan oleh Mark Spencer untuk sistem operasi Unix-like, kini jalan di berbagai platform, termasuk Microsoft Windows, GNU/Linux, Mac OS X, SkyOS dan sistem PDA dari Trolltech: Qtopia.

Gambas
adalah bahasa pemrograman untuk Linux dengan mensimulasi kemudahan Visual Basic (VB) sementara meningkatkan funsionalitasnya. Walaupun source codes Gambas tidak kompatibel dengan Visual Basic, tapi ia adalah sebuah BASIC Interpreter dengan ekstensi orientasi obyek (object-oriented extensions). Hal ini membuat Gambas sebagai pilihan yang baik bagi pengguna Linux dengan memanfaatkan pengetahuan pemrograman VB diatas landasan GNU yang bebas.

Gambas dikembangkan di Paris oleh Benoît Minisini sejak 1999 dirilis dibawah lisensi GPL. Sejumlah distribusi juga menyertakan paket Gambas versi terkini.

Menggunakan Gambas sangat mudah membangun program dengan GUI di Linux (Gambas IDE ditulis langsung di Gambas sendiri) menggunakan toolkit dari Qt.
Selain itu ia bisa dengan mudah:

· Menggunakan databases seperti MySQL atau PostgreSQL.

· Membangun aplikasi KDE berikut DCOP.

· Menterjemahkan program-program Visual Basic ke Gambas kemudian menjalankannya di Linux.

· Membangun solusi jaringan.

Gateway
Sebuah program software, device hardware, atau komputer khusus yang terletak di antara sebuah komputer atau jaringan dan jaringan lain. Gateway pada umumnya dipakai sebagai rintangan protektif di antara jaringan dan Internet, yang mengelola komunikasi masuk dan komunikasi keluar di antara komputer-komputer di jaringan dan Internet. Lihat juga hardware gateway.

GCCGNU Compiler Collection
(disingkat GCC) adalah set of programming language compilers dibuat oleh proyek GNU dan disebarluaskan bebas Free Software Foundation (FSF) dengan lisensi GPL, merupakan komponen kunci dari koleksi GNU toolchain. GCC dijadikan kompiler standard untuk sistem operasi keluarga Unix-like seperti Linux, BSD dan sistem operasi proprietari tertentu seperti Mac OS X.
Sebelumnya adalah singkatan dari GNU C Compiler karena mulanya mengolah pemrograman bahasa C saja, setelah dikembangkan mampu mengkompail bahasa pemrograman lainnya seperti C++, Fortran, Ada, dan lainnya.

GDP

Gateway Discovery Protocol. Merupakan protocol Cisco yang mengizinkan host-host untuk secara dinamis mendeteksi kehadiran router baru


GGP

Gateway to Gateway Protocol. Merupakan protocol MILNET yang menetapkan bagaimana core router (gateway) harusmelakukan pertukaran dan routing informasi.


GIF/ Graphics Interchange Format

Fail format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded (dikirim) ke online services.

GIMPThe GNU Image Manipulation Program
atau The GIMP adalah editor untuk bitmap graphics, sebuah program untuk membuat dan memroses raster graphics, sementara ia juga mendukung vector graphics. Proyek GIMP dimulai sejak 1995 oleh Spencer Kimball dan Peter Mattis. Saat ini dikelola oleh grup relawan dan berlisensi GPL. The GIMP dapat digunakan untuk memroses fotografi digital dan grafisdan memiliki fitur seperti di Adobe Photoshop untuk Windows.

Glibc
juga dikenal sebagai libc6, adalah sebuah proyek GNU untuk standard library C. Sebagai tambahan untuk menyediakan fungsionalitas yang dibutuhkan Unix98, Single UNIX Specification, POSIX (1c, 1d, and 1j) dan beberapa fungsionalitas yang diperlukan untuk ISO C99, maka Glibc juga menyediakan extensions yang bermanfaat atau perlu untuk mengembangkan GNU.
Glibc sangat portable, baik diantara aneka kernels berbeda dan diantara berbagai tipe hardware yang berberda pula. Hardware yang resmi didukung termasuk: x86, mk68, alpha, powerpc, arm, cris, mips, s390, dan sparc. Kernels diketahui telah jalan untuk: Hurd, Linux dan kernels dari FreeBSD dan NetBSD. Ia juga dimanfaatkan sebagai libroot untuk BeOS dan Haiku

GLX
atau OpenGL Extension (untuk sistem X Window) menyediakan penyambung atau lem yang menghubungkan OpenGL dan sistem X Window System dan memungkinkan program untuk memanfaatkan fitur OpenGL dilingkungan sistem X Window. GLX mulanya dikembangkan Silicon Graphics (versi terkini 1.4) dan disertakan berikut DRI dan Mesa di sistem X Window dari yayasan X.Org Foundation sejak versi X11R6.7.0, termasuk proyek XFree86 mulai versi 4.0. (Khusus di lingkungan situs ini GLX adalah singkatan dari GudangLinuX)

GNOME
(atau GNU Network Object Model Environment) adalah sebuah computer desktop environment untuk sistem operasi UNIX dan UNIX-like seperti Linux, BSD dan Solaris. GNOME adalah desktop resmi dari proyek GNU. Proyek GNOME dimulai sejak Agustus 1997 oleh Miguel de Icaza dan Federico Mena dengan tujuan menyediakan free software desktop untuk sistem operasi GNU/Linux. Dua jenis lingkungan yang disediakan GNOME adalah: (1) The GNOME desktop environment, sebuah intuitive dan attractive desktop untuk end-users, dan (2) the GNOME development platform, sebuah framework yang luas untuk membangun aplikasi yangdapat diintegrasikan diseputar desktop.

GNU
Project http://www.gnu.org didirikan pada tahun 1984 dengan tujuan untuk membangun sebuah Sistem operasi lengkap turunan UNIX yang kemudian disebut sebagai GNU System. Semua komponen yang digunakan adalah Free Software.

Gnumeric
adalah software free spreadsheet merupakan bagian dari desktop GNOME. Ditargetkan sebagai substitusi atau pengganti yang bebas Pungli (pungutan lisensi) untuk spreadsheet proprietari seperti software Microsoft Excel, dengan men-emulasi secara terbuka. Gnumeric dibuat damn mulanya dikembangkan oleh Miguel de Icaza yang kemudian dilanjutkan sebagai proyek sumber terbuka dan sementara ini di maintain oleh Jody Goldberg.
Gnumeric memiliki kemampuan import dan export data dari sejumlah format spreadsheet, termasuk Excel, XML, HTML, Applix, Quattro Pro, PlanPerfect, Sylk, DIF (Document Interchange Format), Oleo, SC, StarOffice, dan Lotus 1-2-3. Secara native digunakan format XML, dan dikompres dengan gzip.
Sementara kebanyakan program spreadsheet popular membatasi sampai dengan 256 columns, tapi versi khusus Gnumeric yang dikompail dari kode sumber, mampu mengolah melampaui batas 256 columns.
Pengembang Gnumeric membanggakan ke-akuratan (accuracy) dari program yang memposisikan sebagai niche diantara pengguna untuk kebutuhan statistical analysis dan aplikasi sain lainnya..

GNU General Public License (GNU GPL atau simply GPL )
adalah lisensi bebas atau free software license yang mulanya dicetuskan oleh Richard Stallman untuk melindungi proyek GNU nya. Sejak itu sangat popular dijadikan acuan untuk perlindungan free software. Versi 2 dirilis tahun 1991 merupakan versi berlaku terakhir. Versi lain adalah GNU Lesser General Public License (LGPL), acapkali diterapkan untuk perlindungan sejumlah software libraries.
Pada prinsipnya GPL menjamin pengguna komputer sebuah kemerdekaan atau "freedoms":

· Freedom untuk menjalankan program, untuk keperluan apa saja.

· Freedom untuk mempelajari cara kerja program tersebut, memperbolehkan modifikasi dan mewajibkan memberi akses untuk kode sumbernya kepada publik,

· Freedom untuk me-redistribusikan salinannya (Verbatim copies).

· Freedom untuk memperbaiki, meningkatkan dan merilis perbaikannya untuk publik.

Grapical User Interface / GUI

Format tampilan yang mengandalkan interface grafik yang ditunjukkan dengan penggunaan tombol gambar (icon) dan daftar menu pull-down pada layar.


Ground Station

Koleksi perlengkapan komunikasi yang dirancang untuk menerima sinyal-sinyal dari (dan biasanya mentransmit sinyal-sinyal ke) satelit-satelit. Juga disebut downlink station.


Groupware

Tipe software/ peringkat tinggi yang mendukung penggunaan objek pada waktu yang bersamaan (seperti dokumen, kalender, dan spreadsheet) oleh banyak pengguna jaringan.

Guest

Jenis rekening pemakai yang bisa mengakses program-program yang sudah diinstal pada komputer, tetapi tidak dapat mengganti setting rekening pemakai atau sistem apa pun. Rekening ini cocok untuk seseorang yang hanya membutuhkan akses temporer ke komputer – misalnya, untuk menjelajahi Web.

Guest computer
Sebuah komputer yang menerima koneksi dari komputer lain, yang ditunjuk sebagai host computer.

GUI
Graphic User Interface. Merupakan lingkungan user yang menyajikan bentuk-bentuk grafis untuk mempersentasikan input dan output dari aplikasi-aplikasidan hierarki atau struktur data dimana informasi disimpan. Bisa berupa kesatuan elemen button, icon-icon dan jendela-jendela. Ms Windows dan Apple MAC adalah salah satu contoh platform yang menggunakan utility GUI untuk menghasilkan model yang mengagumkan. Contoh platform-platform basis UNIX lainnya adalah LINUX dan BSD.

H
Hardware gateway
Suatu kombinasi hardware dan software yang menghubungkan suatu jaringan ke Internet. Gateway pada umumnya juga memakai ukuran untuk mengamankan komputer-komputer pada jaringan rumah Anda dari para pengacau dari luar. Anda dapat memakai sebuah komputer Windows XP sebagai Internet gateway bagi jaringan Anda atau Anda bisa membeli hardware tersendiri, yang juga dinamakan gateway, yang Anda hubungkan ke jaringan Anda dan Anda pakai untuk menentukan koneksi Internet.

Home Phoneline Networking Alliance (HomePNA)
Sekelompok pakar industri yang bekerja untuk menstandarkan desain jaringan yang dihubungkan melalui saluran televisi rumah. Standar tersebut mendorong pabrik-pabrik agar memproduksi device yang memanfaatkan keuntungan dari kabel telepon rumah dan mengizinkan interoperability di antara device-device yang berbeda.

Host
Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi, atau Sebuah komputer yang mengawali koneksi dengan komputer lain yang ditunjuk sebagai guest computer.

Hypertext

Metafora untuk menyajikan informasi dimana teks, gambar suara dan tindakan menjadi terkait bersama jaringan asosiasi yang rumit, tidak berurutan, yang memungkinkan melihat topik yang bersangkutan tanpa pedulikan urutan topik.


Hypermedia

Integrasi grafik, suara dan video, atau sebarang kombinasi menjadi penyimpanan dan pemanggilan sistem inforamsi asosiasi yang primer.


I

IDE/ Integrated Devide Elektronic

Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.

IEEE 802.16
adalah pokja atau working group nomor 16 dari IEEE 802, yang khusus membahas point-to-multipoint broadband wireless access.
WiMAX memiliki teknologi wireless metropolitan area network (MAN) yang menghubungkan hotspots IEEE802.11(Wi-Fi) ke Internet dan menyediakan wireless extension ke jaringan cable dan DSL sebagai last mile (last km) untuk akses pita lebar (broadband). IEEE 802.16 men-spesifikasikan jangkauan wilayah layanan linear WiMAX sampai dengan 50 km (31 miles) darimana pengguna mendapatkan koneksi tanpa perlu tembus pandang (without a direct line of sight) ke stasiun basis (base station). Teknologi ini juga menyediakan shared data rates sampai dengan 70 Mbit/s, yang menurut proponen WiMAX, bandwidth itu sudah memadai untuk melayani 60 pengguna bisnis dengan koneksi tipe T1 dan seribu pengguna perumahan dengan 1 Mbit/s level DSL secara serentak (simultaneously).

Independent Software Vendor (ISV)
adalah term digunakan untuk sebuah perusahan pembuat dan penjual software khusus kepada sektor industri tertentu misalnya UKM, rumah sakit atau usaha angkutan. Software yang dibuat atau dimodifikasi khusus untuk kebutuhan sektor industri itu, umumnya memberikan tingkat produktifitas lebih tinggi dari pada software serbaguna seperti speadsheet atau sebuah paket database. Perusahan software besar seperti Microsoft, Novell atau IBM umumnya menyediakan paket software yang mendukung ISV.

Indonesia Goes Open Source (IGOS) adalah suatu upaya nasional dalam rangka memperkuat sistem teknologi informasi nasional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi global, melalui pengembangan dan pemanfaatan Open Source Software (OSS). Selengkapnya: http://www.igos.web.id

Inkscape
adalah sebuah SVG-Editor sumber terbuka yang dibangun sebagai alternatif untuk Adobe Illustrator, CorelDraw, Visio atau Macromedia Fireworks yang tersedia untuk Linux dan platform lainnya termasuk, MacOS dan Windows. Tool yang dikemas Inkscape mendukung fitur-fitur seperti Shapes, Paths, Text, Alpha-Blending, Group, Transformationen, Gradients dan menyediakan konverter untuk svg-to-png berikut sejumlah fitur-fitur lainnya. Penampilan layout Inkscape WYSIWYG (what you see is what you get) dan grafis berbasis Vektor adalah sebuah fork dari proyek Sodipodi.

Ink-jet Printer

Printer semburan/nonketuk yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas.


Intel

Salah satu perusahaan pembuat mikroprosesor yang mempopularkan Pentium yang terkenal di dunia.

Industry Standard Architecture (ISA) slot
Ruang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya adapter jaringan. ISA slot biasanya berwarna hitam dan pada umumnya ditemukan hanya di dalam komputer-komputer yang sudah kuno.

Infrared (IR) port
Port di dalam sebuah komputer, seringkali dengan plastik merah di sekelilingnya dan bohlam lampu kecil di bawahnya, yang memancarkan radiasi elektromagnetik, yang membolehkan terjadinya transfer data melalui udara.

Instant collaboration
Kemampuan untuk bekerja dengan orang-orang lain yang sesungguhnya melalui Internet. Collaboration mencakup mentransfer file, bersama-sama memakai whiteboard untuk menggambar, dan bersama-sama memakai aplikasi secara kolaboratif, misalnya Microsoft PowerPoint.

Instant communication
Perluasan penyampaian pesan instan dari teks ke modus komunikasi lain, seperti suara dan video. PC berkemampuan multimedia yang menyertakan speaker, mikrofon, atau headset, bisa menghasilkan suara; kamera Web bisa menghasilkan video.

Instant messaging
Cara berkomunikasi di Internet yang di dalamnya pesan-pesan teks dikirimkan dan diterima secara instan. Tak seperti e-mail, yang disimpan di dalam mail server dan bisa di-download serta dilihat oleh seorang penerima kapan saja, instant message mengharuskan Anda dihubungkan ke Internet dan di-logon ke server atau layanan instant messaging.

Institute of Electrical and Electronics Engineers, Inc. (IEEE)
Suatu organisasi profesional teknik yang mengembangkan standar-standar di bidang teknologi elektronika.

Integrated Services Digital Network (ISDN)
Jenis dial-up connection yang memanfaatkan keuntungan dari bandwidth yang tak dipakai melalui saluran telepon reguler untuk mempertukarkan data. Kecepatan transmisi untuk ISDN lebih cepat dibanding dial-up connection, tetapi agak lambat dibanding DSL atau cable. ISDN mensyaratkan pemakaian sepenuhnya saluran telepon Anda untuk menentukan koneksi dan pada umumnya lebih mahal dibanding pilihan-pilihan lain.

Internet connection
Koneksi ke jaringan komputer-komputer di seluruh dunia. Komputer Anda bisa berhubungan dengan memakai modem dan saluran telepon Anda atau melalui broadband connection, misalnya DSL atau cable modem. Ketika Anda dihubungkan ke Internet, Anda memiliki akses ke informasi yang disimpan pada komputer-komputer yang berbeda di seluruh dunia.

Internet Connection Sharing
Fitur di dalam Windows XP dan Windows versi di aatasnya yang mengizinkan banyak komputer pada suatu jaringan memakai koneksi tunggal secara serentak ke Internet.

Internet Service Provider (ISP)
Suatu organisasi atau perusahaan yang menyelenggarakan koneksi langsung ke Internet dan membolehkan Anda memperoleh akses ke Internet. Pada umumnya Anda menandatangani kontrak dengan ISP untuk membayar biaya tertentu dan ISP menyediakan Anda nomor telepon akses, nama pemakai, dan password. Komputer Anda memakai informasi ini untuk berhubungan ke sebuah komputer di dalam ISP, yang pada gilirannya memperlengkapi komputer Anda dengan akses ke Internet. Selain itu, kebanyakan ISP menyediakan layanan dukungan pelanggan dan e-mail.

Internet surfing
Pemakaian browser Web Anda untuk melihat informasi yang disimpan pada banyak komputer berbeda di Internet. Informasi diakses melalui pages yang dikelola sebagai Web sites.

Intranet

Penggunaan teknologi internet pada jaringan internal (setempat) untuk mendistribusikan informasi.

Imaging
Proses yang terlibat dalam penangkapan, penyimpanan, penampilan dan pencetakan gambar atau dokumen secara grafik atau dapat juga dikatakan jenis image yang seringkali dipakai pada Web pages karena kemampuannya merender warna latar belakang sebagai transparan.

Impact Printer

Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.

IP address
Jenis alamat khusus yang mengidentifikasi sebuah komputer pada jaringan TCP/IP. Karena setiap komputer pada jaringan TCP/IP (misalnya Internet) mempunyai IP address, maka sembarang komputer bisa menemukan dan mengirimkan pesan-pesan ke sembarang komputer lain yang tersedia di jaringan.

IP Tables
adalah nama perkakasan (tool) dari user space, dimana administrator jaringan dapat membangun tatacara untuk penyaring paket (packet filtering) dan modul NAT (Network address translation). Sementara secara teknis iptables adalah sekedar perkakasan untuk mengontrol komponen packet filtering dan NAT di kernel Linux, tapi nama iptables lebih sering diartikan telah mencakup keseluruhan infrastruktur termasuk: netfilter, connection tracking dan NAT, termasuk juga perkakasan iptables itu sendiri. IPTables merupakan bagian standar yang disertakan di semua distribusi Linux moderen.

IPX/SPX
Jenis protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer untuk berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan. IPX/SPX ditemukan oleh Novell dan pada umumnya hanya dipakai pada jaringan model kuno atau jaringan yang memakai software Novell NetWare. Kebanyakan jaringan dewasa ini lebih menyukai TCP/IP ketimbang SPX/IPX, karena TCP/IP adalah protocol yang dipakai di Internet.

ISO/ International Piawaiands Organization

Sebenarnya kependekan dari Organization for Piawaiandization yaitu organisasi yang membangun atau pembuat piawai untuk komunikasi data nasional dan internasional.


J

Jack

Konektor yang dirancang khusus untuk menerima stopkontak. Biasanya jack dihubungkan ke rangkaian untuk membuat hubungan audio-video.

J2EE
Atau J2EEJava 2 Platform, Enterprise Edition adalah sebuah standarisasi (kendati tanpa dikukuhkan ISO atau ECMA) dalam pengembangan aplikasi menggunakan arsitektur distributed multi-tier, berbasis komponen modular dan dijalankan diatas server aplikasi (application server). Memanfaatkan beberapa teknologi termasuk JDBC dan CORBA, sementara meningkatkan fungsionalitasnya menggunakan Enterprise Java Beans, Java Servlets, Java Server Pages dan teknologi XML. Menggunakan J2EE pengembang dapat membuat aplikasi enterprise yang portable dari satu platform dengan yang lain dan scalable, sementara ia mengintegrasikan sejumlah teknologi legacy.

J2SE (Enterprise Edition)
Atau J2SEJava 2 Platform, Standard Edition termasuk semua classes untuk J2SE, plus sejumlah program yang lebih bermanfaat yang dijalankan, adalah koleksi dari Java Application Programming Interfaces yang bermanfaat untuk semua program Java platform.

Java
adalah bahasa pemrograman yang mulanya dikembangan Sun Microsystems sebagai: A simple, object-oriented, distributed, interpreted, robust, secure, architecture neutral, portable, high-performance, multithreaded, and dynamic language.
Proses kerja Java adalah interpretasi dan bukan dikompilasi. Proses pemrograman bahasa Java dirakit (compiled) menjadi sebuah berkas byte-code (binari) yang kemudian dijalankan (interpreted) oleh sebuah mekanisme virtual machine yang dikenal sebagai Java Virtual Machine (JVM).

JBoss
(dibaca: Jay Boss) adalah server aplikasi sumber terbuka berbasis Java EE yang di-implementasikan menggunakan Java. Dengan basis Java, JBoss otomatis lintas platform, dalam arti ia dapat digunakan di segala sistem operasi yang mendukung Java. Pengembang inti dari JBoss pada prinsipnya adalah karyawan Red Hat, resminya dibawah perusahan layanan 'JBoss Inc' yang didirikan oleh Marc Fleury, dan (kemudian) di-akuisisi Red Hat. Sementara perusahan ini memperoleh pendapatan dari model bisnis berbasis layanan, sebagai sebuah proyek Open Source, ia didukung oleh jaringan pemrogram yang luas dari seluruh dunia.
JBoss meng-implementasikan layanan 'Java EE suite' sepenuhnya. Proyek-proyek yang terkait dengan JBoss termasuk JBoss AS, Hibernate, Tomcat, jBPM, JBoss Rules (sebelumnya: Drools), JBoss Cache, JGroups, JBoss Portal, SEAM, JBoss Transactions, JBoss Messaging dan semuanya dipasarkan dibawah merek JBoss Enterprise Middleware Suite (JEMS). JBoss merupakan pionir dalam hal model bisnis Open Source Professional, dimana pengembangnya menerima kompensasi (nafkah) dari pekerjaannya.

Java Desktop System (JDS)
adalah sistem operasi dengan GUI dari Sun Microsystems ditargetkan untuk segmen pasar komputer desktop korporat murah. JDS bertujuan untuk menyediakan sebuah sistem yang mudah digunakan dan familiar bagi pengguna komputer pada umumnya dan menyertakan suit produktivitas perkantoran Office termasuk software untuk email, calendaring, office suite, web browser dan instant messaging.
JDS yang saat ini berbasis distro SUSE Linux, dengan nama mencerminkan kiat Sun Microsystems mempromosikan platform Java. Awal September 2005 bersama pemerintah Indonesia (BPPT), Sun Microsystems mengumumkan kerjasama pengembangan JDS rencananya untuk diterapkan di jajaran pemerintahan pusat dan daerah.




Sebagian besar dari software yang dikemas bersama JDS adalah free software termasuk:

· Java 1.4.2

· GNOME 2.2 (using the Blueprint theme)

· StarOffice 7.0

· Mozilla 1.4

· Evolution 1.4

· MP3 and CD player

· Java Media Player (uses the Java Media Framework)

· Gaim multi-service instant messaging

· RealPlayer

Joomla
adalah content management system (CMS) sumber terbuka yang bebas ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL baik untuk internet maupun intranet. Joomla! menyertakan banyak fitur untuk meningkatkan kinerja termasuk: page caching, web indexing, RSS feeds, halaman untuk dicetak, news flashes, blogs, forums, polls, calendars, website searching, dan dukungan internasinalisasi.
Nama Joomla! berasal dari sebutan phonetic sebuah kata bahasa Swahili "jumla" dengan arti "kebersamaan" atau "kesatuan". Pilihan nama mencerminkan komitmen para pengembang dan komunitasnya saat membentuk Joomla! ketika terjadi perpecahan dari Mambo di bulan Agustus 2005.
Joomla! dibangun sebagai fork dari Mambo dengan rilis perdana Joomla! 1.0.0 pada tanggal 16 September 2005 merupakan perbaikan dari versi Mambo 4.5.2.3. Menurut roadmap Joomla! 2.0, code base akan ditulis ulang selengkapnya dibangun menggunakan PHP 5. Lisensi Joomla! mengadopsi GNU General Public License.

K
K12LTSP
adalah modifikasi dari distribusi standard Fedora Core Linux dengan menyertakan dan mengintegrasikan paket program dari proyek Linux Terminal Server Project (LTSP). Ia mudah diinstalasi dan dikonfigurasi sementara disebarluasken dengan lisensi bebas dibawah GNU General Public License. Ditargetkan dan cocok untuk komputerisasi sekolahan karena kebutuhan terminal yang banyak menjadi terjangkau berkat kemampuan memanfaatkan komputer usang tanpa harddisk sebagai kilen-klien. Nama K-12 merujuk kepada istilah sistem pendikan di Amerika mulai kindergarten sampai kelas 12 atau TK sampai dengan SMU.

KDEKDE (K Desktop Environment)
adalah free desktop environment and development platform dibangun menggunakan perkakas Qt dari perusahan Trolltech. Jalan hampir di semua sistem Unix dan Unix-like seperti Linux, BSD dan Solaris. Juga tersedia ports untuk Mac OS X menggunakan lapisan X11 layer dan Microsoft Windows menngunakan Cygwin.

KSpread
adalah aplikasi free spreadsheet yang merupakan bagian dari paket integrated office suite KOffice untuk desktop KDE. Diantara fitur KSpread termasuk multiple sheets per document, sejumlah kemampuan untuk formatting, mendukung lebih dari 100 fungsi built-in, templates, chart, spell-check, hyperlinks, dan penyortiran data.
Format native dari KSpread adalah XML, dikompres dengan ZIP. KSpread juga mampu mengimpor sejumlah format spreadsheet lainnya termasuk Microsoft Excel, Applix Spreadsheet, Quattro Pro, CSV dan Calc dari OpenOffice.org Calc.

Linux From Scratch disingkat LFS, adalah Linux dari Nol atau Linux dari dasar. Pertama kali dikembangkan oleh Gerad Beckmans, berawal dari rasa tidak puas dengan semua distro yang ada. LFS kini merupakan sebuah proyek terbuka yang menyediakan bimbingan dibutuhkan untuk membangun sistim Linux pribadi Anda, langkah demi langkah dari Nol. Baik resep (bahasa Inggris) maupun bahan bakunya yang senantiasa ditingkatkan dan diperbaiki disediakan oleh LFS. Saat membangun distro pribadi secara manual dengan menginstalasi paket satu demi satu, Anda akan mengetahui segalanya yang membuat sebuah Linux berfungsi.

L
Linus Torvalds
Linus Benedict Torvalds atau yang sering dikenal dengan Linus Torvalds, adalah pencetus dari idea membuat kernel linux. Homepage pribadinya adalah http://www.cs.helsinki.fi/u/torvalds/

Linux
adalah kernel yang dikembangkan programmer relawan dari seluruh dunia dibawah koordinasi Linus Torvalds. Kendati kernel merupakan jantung dari sebuah sistem operasi, ia belum dapat berfungsi secara terpisah. Sumbangan aplikasi dasar termasuk packages dari GNU Projects, memungkinkan terbentuk sebuah sistem operasi dengan fitur penuh dan diberi nama GNU/Linux.

LiveDistro
adalah istilah generik untuk distribusi sistem operasi yang langsung jalan saat booting tanpa perlu ditularkan ke hardisk. Tipikal ia disimpan dalam media yang dapat dibooting seperti CD-ROM (Live CD), DVD (Live DVD), USB flash drive (Live USB) dan jenis media lainnya. Sebuah LiveDistro samasekali tidak menyentuh atau melakukan perubahan pada sistem operasi tertanam. Sistim komputer tetap tidak selingkuh setelah keluar dari pengunaan LiveDistro. Ia beroperasi memanfaatkan spasi memori temporar (RAM) yang tersedia. Untuk kencan bersama LiveDistro dengan nyaman, disarankan memiliki memori paling tidak 256 MB, namun dengan jumlah memori lebih rendah umumnya tidak bermasalah.

Looking Glass
adalah 'free software project' dibawah GPL disponsori oleh Sun Microsystems untuk menciptakan lingkungan desktop 3D yang inovatif untuk Linux, Solaris, dan Windows (kecuali aplikasi native). Dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java menjamin kebebasan platform. Kendati pemanfaatan fitur 'graphics acceleration', ia memiliki kemampuan 3D windowing baik untuk aplikasi eksisting maupun yang khusus didisain untuk Looking Glass.

Log file
Sebuah file yang merekam kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh aplikasi, layanan, atau sistem operasi.

Log-on atau Log-in

Proses awal 'menggunakan' suatu komputer jaringan yang ditandai dengan mengidentifikasi kata sendi pengguna yang dikenal komputer jaringan.

LPI
Linux Professional Institute (LPI) mengembangkan sertifikasi profesional untuk sistem operasi Linux, independen baik dari software vendors maupun training providers. Didirikan sebagai lembaga non-profit international pada tahun 1999 oleh komunitas Linux, LPI telah mengembangkan program sertifikasi yang diakui global (accessible & internationally-recognized certification) dan mendapat respek dari vendors, pekerja TI dan administrator sistem. Aktifitas LPI memperdayakan ratusan relawan dan profesional dari seluruh dunia dengan beragam kapasitas, termasuk aktifitas publik melalui mailing lists dan website www.lpi.org. Program multi-level LPI untuk exams dikelola secara global melalui pusat testing dari Pearson VUE dan Prometric. Kegiatan LPI di sponsori oleh perusahan TI sebagai Platinum Sponsors seperti: IBM (NYSE:IBM), Linuxcare, Linux Magazine, Maxspeed, Novell (Nasdaq: NOVL) (SuSE Linux), SGI (NYSE:SGI), dan TurboLinux, kemudian Gold Sponsors seperti, Hewlett-Packard (NYSE:HWP) dan Wave Technologies.

LSB
Linux Standard Base, atau LSB, adalah proyek bersama dari sejumlah vendor distro Linux yang bernaung dibawah struktur organisasi Free Standards Group guna menciptakan standarisasi pada struktur internal dari sistem operasi berbasis Linux. LSB dibangun menggunakan basis spesifikasi POSIX, spesifikasi Single UNIX, dan sejumlah open standards lainnya, termasuk penyempurnaannya. Tujuan LSB adalah mengembangkan dan mempromosikan seperangkat standarisasi yang digunakan untuk meningkatkan kompatibilitas diantara distribusi Linux dan memungkinkan software aplikasi dijalankan di semua sistem Linux yang memenuhi persyaratan LSB. LSB juga membantu vendor software yang merencanakan produk atau memindahkan produknya untuk dijalankan di Linux.

LTSP
Linux Terminal Server Project (LTSP) adalah paket add-on untuk Linux yang memungkinkan banyak terminal atau PC yang serentak memanfaatkan sebuah komputer server yang sama. Aplikasi di server dijalankan via terminal thin client yang menangani urusan input dan output. Kelompok thin clients tersebut juga dikenal sebagai X Terminals yang umumnya dapat dibangun menggunakan komputer usang jaman baheula tanpa hard disk.
Teknologi LTSP sangat popular diterapkan, - termasuk di Indonesia, - untuk komputerisasi di sekolahan dengan biaya rendah. Distrubusi Linux yang mengadopsi LTSP termasuk K12LTSP (Red Hat/Fedora), Skolelinux, AbulEdu, Edubuntu dan Deworks. Proyek LTSP didirikan dan diketuai oleh Jim McQuillan.

LyX
LYX (atau LyX) adalah sebuah pemroses dokumen berdasarkan paradigma WYSIWYM atau "what you see is what you mean" yang beda dengan idea word prosesor umumnya yang menganut WYSIWYG atau 'what you see is what you get'. Pengguna hanya perlu memperhatikan tentang struktur dan isi atau konten dari text yang disusunnya, sementara urusan format dikerjakan komputer menggunakan LaTeX, yaitu sebuah program typesetting berkemampuan tinggi.
LyX dibuat untuk penulis yang menginginkan tampilan profesional dengan upaya minimal dan tidak perlu mahir dalam hal typesetting, karena ia diproses komputer berdasarkan aturan yang didefinisikan sebelumnya sebagai style. Kendati pengetahuan tentang LaTeX pada dasarnya tidak diperlukan, tapi bila ada, ia akan meningkatkan kemampuan editing menggunakan LyX secara signifikan terutama untuk pemanfaatan kemampuan LyX secara khusus.
LyX piawai digunakan di kalangan penulis naskah teknis dan sain berkat fitur dengan modus matematikanya. Ia juga mendukung pemrosesan bahasa yang daitulis dari kanan ke kiri seperti pada bahasa Arab dan Hebrew, dan tersedia untuk aneka sistem operasi termasuk UNIX, Mac OS X, OS/2, Windows, dan Linux.

M
Mambo
Mambo (sebelumnya Mambo Open Source atau MOS) adalah sebuah content management system(CMS) sumber terbuka untuk membangun dan mengelola website menggunakan antarmuka yang mudah. Mambo juga menyertakan sejumlah fitur guna meningkatkan kinerja seperti page caching membantu site yang sibuk, teknik templating yang canggih. Mampu mengotomatisasi tasks seperti melakukan web indexing untuk halaman statik. Mambo dapat memroses RSS feeds, membuat halaman siap cetak, news flashes, blogs, forums, polls, calendars, website searching, dukukngan untuk banyak bahasa dan lainnya. Mambo dirilis dengan lisensi GNU General Public License (GPL).

Mandriva
Mandriva (dibaca "Man-dree-vuh"!), sebelumnya dikenal sebagai Mandrakesoft adalah perusahan asal Perancis yang didirikan pada tahun 1998 dengan tujuan membuat Linux agar mudah digunakan. Pada saat itu Linux telah dikenal sebagai sistem operasi yang powerful and stable sementara masih dibutuhkan ketrampilan dalam menggunakan command line. MandrakeSoft melihat hal itu sebagai peluang dan mengintegrasikan GUI (graphical user interface) di desktop Linux. Tidak lama kemudian distribusi Mandrake Linux menjadi terkenal dan setting the standard dalam hal kemudahan penggunaan dan fungsionalitas.

Mapping
Pemberian sebuah huruf drive ke suatu folder di jaringan sehingga huruf drive itu muncul di jendela My Computer.

Mbps (megabyte per second)
Ukuran bandwidth, atau aliran komunikasi, melalui suatu jaringan atau media komunikasi lain.

Middleware
Middleware adalah software yang menyambungkan komponen dan atau aplikasi guna mendukung operasional aplikasi dalam lingkungan jaringan terdistribusi, termasuk web servers, application servers, content management systems, dan perkakas sejenis yang menopang pengembangan. Middleware terutama merupakan bagian dari basis informatika moderen untuk XML, SOAP, Web services dan service-oriented architecture lainnya. Middleware pada prinsipnya adalah teknologi yang meng-integrasikan dua atau lebih software aplikasi atau lapisan antara sistem operasi dan aplikasi untuk memungkinkan pertukaran data.

MMX/ Microprocessor Multimedia Exstensions

Prosesor Pentium generasi baru yang dapat mendongkrak kinerja multimedia dan komunikasi sampai 60% di atas pentium. Secara umum MMX membuat game/ permainan lebih realistik, video lebih baik dan fasiliti grafik lebih sempurana.

Mono
adalah proyek open source atau implementasi sumber terbuka sebagai alternativ untuk Microsoft .NET yang mendukung platform Linux dan sejumlah sistem operasi lainnya seperti UNIX, Mac OS X, termasuk Windows. Proyek Mono disponsori Novell (sebelumnya oleh Ximian) untuk mengadakan set tools yang kompatibel dengan .NET termasuk sebuah C# compiler, a Common Language Runtime dan lainnya dan compliant dengan standar ECMA (Ecma-334 dan Ecma-335).
Sementara Microsoft juga menyediakan versi .NET untuk FreeBSD bernama Rotor. Microsoft's shared source license ternyata tidak murni Free Software dan tidak memadai bagi komunitas (melarang secara explisit penggunaan komersil).

Monoppix
Monoppix adalah distribusi Linux LiveCD menggunakan Knoppix sebagai basis. CD ini ditargetkan untuk menyebarluaskan kebebasan menggunakan teknologi Mono yang merupakan implementasi free dari framework .NET untuk sistem operasi Linux/UNIX.

Multiuser system

Sebarang sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.


Modem

Singkatan dari modulator/demodulator; alat komunikasi yang memungkinkan komputer mengirimkan informasi melalui saluran telepon piawaian.


Motherboard

Komponen terbesar di dalam PC. Disebut 'mother' karena papan ini menjadi tempat seluruh komponen PC seperti prosesor, memori utama, rangkaian pendukung dan bus controller.


MPEG Card

Kependekan dari Motion Picture Expert Group. Yaitu card yang melengkapi CD-ROM agar mampu menampilkan full motion video secara mulus, satu full motion video harus dijalankan pada kecepatan 30 frame per detik (fps). Dengan memasang MPEG card dan CD-ROM drive di PC, kita boleh menonton film CD maupun berkaraoke di PC.

MySQL
MySQL adalah sebuah multithreaded, multi-user, SQL (Structured Query Language) relational database server (RDBMS). MySQL merupakan software open source yang tersedia baik menggungakan lisensi GPL atau lisensi alternativ lainnya apabila GPL tidak pantas digunakan untuk aplikasi tertentu. MySQL sangat popular digunakan untuk aplikasi web seperti PHP-Nuke dan situs ini (Mambo) sebagai komponen database dari LAMP (Linux Apache MySQL dan PHP). Popularitas MySQL hampir setara dengan bahasa pemrograman PHP sehingga pasangan MySQL-PHP acapkali dijuluki Dynamic Duo.

N
Network adapter
Device fisik yang membolehkan sebuah komputer berhubungan melalui sebuah kabel ke device atau komputer lain untuk membuat jaringan. Kadang-kadang dinamakan network interface, suatu network adapter bisa menjadi card yang Anda instal di sebuah komputer atau device USB yang Anda hubungkan ke port di sebuah komputer.

Network bridge
Bagian dari device hardware atau software yang membuat koneksi di antara jenis-jenis media jaringan yang berbeda. Misalnya, jika Anda memiliki jaringan Ethernet dan jaringan phoneline (HPNA), maka network bridge memungkinkan komputer-komputer pada jaringan tersebut berkomunikasi satu sama lain. Windows XP menyediakan software network bridge yang mudah di-setup.

Network card
Papan sirkuit komputer yang diinstal di sebuah komputer untuk mengizinkan komputer berhubungan ke jaringan.

Network hub
Jenis hardware tempat kabel masuk dari banyak komputer dan data dipertukarkan serta dikirimkan ke komputer-komputer lain di jaringan. Network hub merupakan komponen yang sangat penting di jaringan Ethernet yang khas.

Network media
Kumpulan hardware seperti hub, cable, dan network adapter yang Anda pakai untuk menghubungkan komputer-komputer dan device lain secara fisik untuk membuat suatu jaringan.

O
OASIS
Organization for the Advancement of Structured Information Standards (OASIS) adalah konsosium global untuk mendorong pengembangan, kovergensi (penyatuan) dan adopsi standarisasi untuk bisnis maya (e-business) dan layanan web (web service). Anggota konsorsium mengambil keputusan untuk bidang yang dibahas dan dikerjakan atas dasar proses terbuka dan kemokratis. Bidang teknis yang digeluti terdiri dari sejumlah kategori seperti: Web Services, e-Commerce, Security, Law & Government, Supply Chain, Computing Management, Application Focus, Document-Centric, XML Processing, Conformance/Interop, and Industry Domains. Standarisasi yang dibahas dan dikembangkan OASIS antara lain:

· SAML - Security Assertion Markup Language, a standard XML-based framework for the secure exchange of authentication and authorization information.

· XRI - eXtensible Resource Identifier, a URI-compatible scheme and resolution protocol for abstract identifiers used to identify and share resources across domains and applications.

· XDI - XRI Data Interchange, a standard for sharing, linking, and synchronizing data ("dataweb") across multiple domains and applications using XML documents, eXtensible Resource Identifiers (XRIs), and new method of distributed data control called a link contract.

· OpenDocument (OASIS Open Document Format for Office Applications) is an open document file format for saving office documents such as spreadsheets, memos, charts, and presentations.

Offline

Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.


Online

Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

Outlook Express
Program e-mail yang disertakan cuma-cuma di dalam Windows XP. Outlook Express memungkinkan untuk memeriksa rekening e-mail Anda secara cepat. Outlook Express juga membantu Anda mengawasi alamat dan nomor telepon rekan kerja serta teman Anda.

open source
open source atau sumber terbuka, adalah software yang dibuat dan dikembangkan oleh komunitas ketimbang oleh vendor tunggal. Tipikal diprogram oleh pengembang relawan baik perorangan maupun dari sejumlah organisasi dengan hasil kode sumber terbuka dan tersedia bebas bagi mereka yang ingin melakukan perubahan maupun perbaikan untuk kebutuhan mereka masing-masing. Dengan demikian pengguna dapat memanfaatkan dan menambahkan fitur yang dibutuhkan ketimbang menunggu implementasi dari vendor tunggal seperti umumnya pada produk software proprietari. Proyek open source lazim di lingkungan Unix, Linux dan Java dengan proyek-proyek seperti Apache Web server, sendmail server dan JBoss application server. Salah satu wadah terbesar pengembangan proyek open source adalah SourceForge.org yang saat ini (akhir 2006) menampung tidak kurang dari 139.834 proyek-proyek sumber terbuka.

OpenBSD
OpenBSD adalah sistem operasi yang aman, tersedia bebas, multi-platform, BSD-based dan Unix-like. Bisa dijalankan di berbagai jenis prosesor, termasuk DEC Alpha, AMD64, StrongARM, i386, PowerPC, MIPS dan SPARC.
OpenBSD dikhusukan untuk sekuriti dan diakui banyak pihak sangat stabil dan handal. Ia memiliki sejumlah fitur sekuriti yang khas dan tidak dijumpai pada sistem operasi lainnya. Acapkali sebagai perintis dalam hal implementasi sebuah idea pengamanan. Para pengembang FreeBSD dengan hati-hati dan secara proaktiv mengaudit kode sistemnya. Proyek OpenBSD dipimpin oleh Theo de Raadt asal Calgary, Alberta, Canada dan dirilis dibawah lisensi kombinasi terutama menggunakan BSD license dan variannya.

OpenDocument
OpenDocument format (ODF), singkatan dari OASIS Open Document Format for Office Applications, adalah format file berkas terbuka (open document) untuk menyimpan dan pertukaran berkas perkantoran yang dapat diedit seperti berkas teks (termasuk memo, laporan dan buku), spreadsheets, charts, dan presentations. Standar ini dikembangkan oleh konsorsium industri OASIS memanfaatkan format bebasis XML yang mulanya dibuat untuk OpenOffice.org. Organisasi dan individu yang menyimpan data (berkas) mereka dalam format terbuka seperti OpenDocument akan terhindar dari belenggu atau situasi konyol disebabkan oleh vendor software tunggal. OpenDocument adalah satu-satunya standard untuk editable office documents yang telah dipilih dengan seksama oleh badan standarisasi indipenden dan digunakan oleh berbagai vendors.

OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-language cross-platform API untuk penulisan aplikasi yang menghasilkan grafik komputer 3D (termasuk 2D). Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 fungsi-fungsi panggilan (fungtion calls) yang beragam untuk menampilkan adegan tiga dimensi yang komplek. OpenGL mulanya dikembangkan oleh Silicon Graphics, popular diadaptasi di industri video games, dan berkompetisi langsung dengan platform Direct3D dari Microsoft Windows(tm). OpenGL luas digunakan di lingkungan pengembangan CAD, virtual reality, scientific visualization, information visualization, flight simulation dan video game.

OpenOffice
OpenOffice.org adalah sebuah open source office suite. Tersedia untuk aneka platform berbeda termasuk Microsoft Windows, sistem Unix-like seperti Solaris dan Linux, selain itu Mac OS X. Dibuat dengan target sepenuhnya kompatibel dan setara atau lebih baik dari Microsoft Office. Kode sumber OpenOffice.org berasal dari StarOffice versi lama yang dibeli oleh Sun Microsystems pada bulan Agustus 1999 yang kemudian disumbangkan untuk proyek open source satu tahun kemudian (Juli 2000). Hibah kode sumber itu dimaksud untuk menetralkan dominasi Microsoft Office dengan menyediakan open alternativ berkualitas tinggi dan bebas Pungli. Kode sumber untuk application suite tersedia dalam dua jenis lisensi berbeda: LGPL dan SISSL.

OpenSolaris
OpenSolaris project adalah proyek sumber terbuka yang di sponsori oleh Sun Microsystems, Inc, yang mulanya terdiri atau merupakan bagian (subset) dari kode sumber sistem operasi Solaris OS. Diharapkan menjadi mata rantai antara pengembang Sun dan komunitas pengembang lainnya berkolaborasi guna mengembangkan dan meningkatkan teknologi sistem operasi. Untuk itu, kode sumber OpenSolaris dapat dimanfaatkan (CDDL open-source license), termasuk sebagai basis dari produk Solaris OS mendatang, proyek-proyek sistem operasi lainnya, produk maupun distribusi pihak ketiga.
Sebagai modal pertama proyek OpenSolaris tersedia core kernel, libraries dan commands berasal dari yang saat ini didistribusikan bersama Solaris OS. Dalam waktu berjalan diharapkan akan membuahkan komponen-komponen tambahan.
Perbedaan utama antara OpenSolaris project dan Solaris Operating System adalah bahwa proyek OpenSolaris tidak menyediakan produk siap pakai bagi end-user maupun sebuah distribusi lengkap. Untuk itu ia merupakan sebuah open source code base, build tools yang dibutuhkan untuk mengembangkannya, dan infrastruktur untuk berkomunikasi dan berbagi informasi terkait. Dukungan untuk kode pemrograman berada ditangan komunitas sementara Sun tidak resmi mendukung produk untuk OpenSolaris.
Beberapa distribusi yang dikembangkan komunitas menggunakan kode sumber OpenSolaris termasuk Schillix dan Belenix. Kecuali itu Gentoo Linux merencanakan dukungan Portage untuk OpenSolaris disusul oleh Nexenta System yang merencanakan versi Ubuntu GNU/OpenSolaris.

OpenVZ
OpenVZ adalah teknologi virtualisasi di level sistem operasi kernel Linux. Dengan OpenVZ dimungkinkan sebuah perangkat keras server menjalankan sejumlah sistem operasi terisolir satu dengan lainnya yang dikenal sebagai Virtual Private Servers (VPS) atau Virtual Environments (VE).
Dibandingkan dengan mesin virtual lainnya seperti VMware dan yang menggunakan teknologi paravirtualisasi seperti Xen, maka OpenVZ kurang fleksibel dalam hal pilihan sistem operasi yang didukung. Baik sistem operasi tuan rumah maupun tamu harus menggunakan Linux. Dibalik itu OpenVZ dengan virtualisasi di-level sistem diklaim memberikan kinerja, skalabili, densiti, pengeloalaan sumberdaya dinamis dan kemudahan administrasi, lebih baik dari pada teknologi virtualisasi lainnya. OpenVZ mengklaim penurunan hanya 1-3 persen kinerja dibandingkan sebuah server dengan sistem operasi tunggal. Teknologi OpenVZ berbasis Virtuozzo, sebuah software yang disumbangkan SWsoft, Inc. sebagai open source berlisensi GPL version 2.

Oracle
Oracle database terdiri dari koleksi data yang dikelola oleh sebuah Oracle database management system atau DBMS. Oracle database mengelola data dengan karakteristik relational sebagai software Oracle RDBMS.
Produk utama Oracle umum dikenal dengan label 10g, kendati beberapa sumber masih merujuk pada Oracle Applications Release 11i atau Oracle 11i.
Produk Oracle yang terkait database termasuk:
* Oracle Application Server 10g (aka Oracle AS 10g) — sebuah middleware;
* Oracle Applications Release 11i (aka Oracle e-Business Suite, Oracle Financials atau Oracle 11i) — sebuah suit aplikasi bisnis;
* Oracle Developer Suite 10g (9.0.4);
* Oracle JDeveloper 10g — sebuah lingkungan pengembangan terpadu berbasis bahasa Java.

OSDL
Open Source Development Labs Inc. (OSDL), - dipimpin Linus Torvalds, pencetus Linux, - khusus dibentuk untuk meningkatkan percepatan pengembangan dan adopsi Linux di lingkungan perusahan (enterprise). Didirikan pada tahun 2000 dan didukung oleh konsorsium global, - gabungan dari vendor-vendor industri Teknologi Informasi terkemuka, - OSDL merupakan organisasi non-profit yang menyediakan fasilitas 'state-of the-art computing and test facilities' di Amerika dan Jepang untuk para pengembang dari seluruh dunia. Perusahan sponsor yang membiayai operasional OSDL termasuk IBM, HP, CA, Intel, dan NEC.

P
Packet
Potongan informasi yang bisa dikirimkan secara mudah melalui jaringan atau Internet. Saat sebuah file ditransmisikan melalui jaringan, file itu dipecah menjadi packet-packet kecil dan masing-masing packet dikirimkan secara terpisah melalui jaringan. Ketika semua packet mencapai komputer tujuan, packet tersebut disusun ulang oleh komputer tujuan untuk membentuk salinan yang lengkap dari file orisinal.

Parallel
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara serentak melalui kawat yang dihubungkan secara paralel.

PC Card slot
Pembuka di dalam kotak sebuah komputer, biasanya laptop, yang dirancang untuk menahan PC card, misalnya network adapter.

PDFPortable Document Format (PDF)
adalah format file yang dikembangkan Adobe Systems untuk menampilkan dokumen yang independen dari software aplikasi asalnya termasuk sistem operasi dan hardware yang digunakan untuk menciptakannya. Sebuah file PDF dapat mengandung kombinasi dari teks, grafik dan images dalam reolusi dan format yang independen, baik sederhana maupun komplek dan terdiri dari satu atau ribuan halaman. PDF adalah open standard, dan siapa saja dapat membuat aplikasi untuk membaca dan menulis PDF tanpa dikenakan biaya Pungli (royalty-free).
Kecuali mengemas teks dan grafik, file PDF menghasilkan dokumen independen dengan penampilan persis seperti asalnya tidak tergantung dari perangat tertentu. Sebaliknya bahasa markup languages seperti HTML bisa tampil beda tergantung dari browser dan komputer yang digunakan.
Free readers untuk PDF tersedia untuk banyak platforms termasuk: free Adobe Reader dari Adobe Systems dan sejumlah free open source readers, seperti Xpdf untuk sistem POSIX-like menggunakan X Window System; KPDF - sebuah viewer berbasis Xpdf untuk KDE; GPdf - sebuah derivative dari Xpdf untuk GNOME, Evince - sebuah document viewer untuk GNOME (fork dari GPdf) yang mampu menampilkanfile PDF; GSPdf dan ViewPDF untuk GNUstep; dan front-ends untuk banyak platforms untuk Ghostscript.
Spesifikasi subset yang benar untuk PDF disebut PDF/X telah di standarisasi oleh lembaga ISO.

PHP
PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman sumber terbuka (open source) untuk pengembangan dan penggunaan di Web. PHP terutama dimanfaatkan untuk server-side application software. Bersama Apache Web Server dan sistem operasi Linux, PHP merupakan salah satu yang paling banyak digunakan termasuk pemanfaatan sebagai bagian dari pemrograman software sumber terbuka.
PHP mulanya didisain sebagai kumpulan kecil dari Perl scripts, kemudian ditambahkan binari CGI yang ditulis ulang memakai bahasa C oleh Rasmus Lerdorf di tahun 1994. Dipublikasikan sebagai "Personal Home Page Tools" setelah Lerdorf menggabungkannya menggunakan Form Interpreter buatannya termasuk menciptakan PHP/FI.
Zeev Suraski dan Andi Gutmans kemudian menulis ulang parser di tahun 1997 sekaligus menciptakan landasan untuk PHP 3 dan mengganti nama menjadi "PHP: Hypertext Preprocessor".
Gutmans kembali menulis ulang PHP's core dan menciptakan Zend di tahun 1999. Ia juga mendirikan Zend Technologies yang aktif mendukung pengembangan PHP selanjutnya. PHP 4 terbit di bulan Mei 2000 powered by the Zend Engine 1.0. Sedangkan PHP 5 yang menyertakan banyak fitur baru terbit Juli 2004, powered by Zend Engine II.

Pentium

Sebutan untuk prosesor Intel 80586 disebut juga P5. Prosesor Pentium berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 3.1 juta buah transistor.


Pentium Pro

Sebutan untuk prosesor Intel 80686 disebut juga P6. Yaitu prosesor berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 5.5 juta buah transistor. Sasaran pasar umumnya untuk komputer jaringan dengan sistem operasi Windows NT (New Technology).


Peripheral

Istilah dalam komputer yang digunakan untuk peralatan seperti penggerak disik, printer, modem dan lainnya yang dihubungkan ke komputer dan dikendalikan oleh prosesornya.

Peripheral Components Interconnect (PCI) slot
Ruang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya network adapter. PCI slot biasanya berwarna putih.

Peripheral
Hardware yang dihubungkan ke sebuah komputer, misalnya printer, scanner, joystick.

Pixel/ Picture element

Unsur terkecil yang ditampilkan atau dicetak yang dapat ditangani oleh hardware dan software untuk membentuk huruf, angka atau grafik. Atau suatu titik kisi-kisi yang terdiri dari ribuan titik satu per satu untuk membentuk suatu gambar pada layar oleh komputer atau pada kertas printer.

Platform for Privacy Preferences (P3P)
Standar Internet yang terbukti didesain untuk memudahkan bagi situs Web mengiklankan kebijaksanaan privasinya dan bagi para pemakai menentukan preferensi privasinya. Agar P3P bisa efektif, situs Web harus menentukan kebijaksanaan privasinya dengan memakai standar P3P dan pemakai mesti memakai browser yang kompatibel dengan P3P, misalnya Internet Explorer.

Plug and Play
Fitur yang membolehkan sebuah komputer secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi device ketika dicantelkan ke komputer.

Plug and Play compatible
Device yang, ketika dicantelkan, bisa secara otomatis dikenali oleh Windows dan diaktifkan tanpa interaksi dari seorang pemakai.

Plotter

Alat untuk menggambar grafik, diagram dan grafik garis lainnya yang menggunakan pena atau muatan elektrostatik dan toner.

Port
Titik koneksi pada sebuah komputer yang datanya bisa diberikan dan diambil. Beberapa port berbentuk fisik, misalnya port yang menghubungkan suatu printer ke sebuah komputer dan beberapa port lainnya adalah virtual, misalnya port TCP/IP yang dipakai sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet, atau soket, sejenis stopkontak pada hardware komputer, disebut juga konektor input/ output; yaitu tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.


Postcript Page Description Language

Bahasa pemrograman yang khusus untuk mendefinisikan tampilan dokumen, biasanya menyediakan kapabilitas huruf yang fleksibel dan grafik dengan kualitas tinggi.


Power Supply

Alat yang mengubah listrik dari soket listrik menjadi tegangan yang lebih rendah (khususnya 5 sampai 12 volt DC) yang dibutuhkan oleh sistem komputer.

Printer driver
Suatu program yang dirancang untuk mengizinkan program-program lain bekerja dengan printer tertentu tanpa mempedulikan dirinya dengan spesifikasi dari bahasa internal dan hardware printer. Dengan memakai printer driver yang menangani penyewaan masing-masing printer, program bisa berkomunikasi secara sempurna dengan berbagai printer.

Privacy policy
Suatu dokumen yang dipasang di situs Web yang mendeskripsikan informasi apa yang dikumpulkan situs Web tentang diri Anda dan apa rencana-rencana perusahaan yang dikerjakan dengan informasi itu.

Prosesor

Disebut juga unit pemrosesan pusat chip tunggal, yaitu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan instruksi-instruki yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak komputer.

Portland
Proyek Portland adalah sebuah inisiatif guna meningkatkan penetrasi penggunaan Desktop berbasis Linux. Bertujuan menghapus sejumlah faktor-faktor yang menjadi sebab utama kesulitan terhadap adopsi sistem operasi desktop Linux secara luas. Nama Portland diambil dari nama sebuah kota diwilayah Oregon, USA, tempat inisiatif 'Portland Project' ini diawali menjelang tutup tahun 2005, yang disponsori oleh pokja Desktop Linux Working Group dari OSDL. Sementara proyek Tango Desktop memberikan keseragaman pada tampilan desktop, proyek Portland diharapkan akan memudahkan setiap ISV untuk membuat maupun memindahkan (portasi) program aplikasinya (dari lingkungan Windows) tanpa harus peduli terhadap jenis desktop Linux yang beragam.

PostgreSQLPostgreSQL
adalah sebuah free object-relational database server (database management system), dirilis dengan lisensi BSD-style yang lebih fleksibel. PostgreSQL merupakan alternativ untuk sistem database open-source lainnya seperti MySQL dan Firebird, terutama sistem proprietari seperti Oracle, Sybase, IBM's DB2 dan Microsoft SQL Server

PowerPC
adalah sebuah arsitektur mikroprosesor RISC yang dibuat pada tahun 1991 oleh aliansi tiga perusahan Apple-IBM-Motorola, juga dikenal dengan singkatan AIM. Mulanya ditargetkan untuk penggunaan di workstations, CPU PowerPC kemudian juga popular untuk sistem embedded dan high-performance processors. PowerPC merupakan batu pertama dari inisiatif AIM's PReP dan Common Hardware Reference Platform pada dasawarsa 1990 an, sementara arsitektur PowerPC ternyata sangat sukses di pasaran produk keluarga Apple's Power Macintosh.
Desain PowerPC adalah berbasis arsitektur POWER dari IBM sebelumnya dan seterusnya memiliki kompatibiltias satu dengan lainnya. Kedekatan antara kedua arsitektur tersebut dibuktikan dapat menjalankan program dan sistem operasi yang sama, bila di preparasi diperhatikan dengan seksama
Suksesnya disain arsitektur PowerPC, kecuali untuk kompoterApple, dibutkikan dengan sejumlah sistem seperti RS/6000 Unix Workstation, terutama di sistem embedded.
Semua pembuat game console utama misalanya, merencana merilis konsol generasi ke-6 mereka (2006) menggunakan sistem mengandung prosesor berbasis arsitektur PowerPC:

· Sony's PlayStation 3 menanamkan sebuah Cell processor, mengandung PowerPC control processor, dengan delapan prosesor DSP (Digital Signal Processing) sebagai akselerator dan terkait erat satu dengan lainnya.

· Microsoft's Xbox 360 console, menanamkan versi khusus dari 3.2 GHz chip IBM PowerPC dengan tiga symmetrical cores.

· Nintendo Revolution console, jang tidak mau ketinggalan menanamkan prosesor berbasis arsitektur PowerPC

Pungli
Pungutan Lisensi atau Pungli adalah biaya yang harus dibayar pengguna software berdasarkan ketentuan perjanjian EULA (End User License Agreement) bila ia ingin memanfaatkan atau menginstalasi software tersebut dengan sah. Penerima biaya Pungli tidak diwajibkan memberikan jasa atau melakukan pekerjaan khusus atas pembayaran pungli. Dengan demikian pungli tidak terkait dengan jaminan peluang kerja termasuk kesejahteraan para pemrogram secara proposional. Sementara itu sejumlah lisensi jenis lain seperti GPL adalah bebas dari porsi biaya pungli, dimana biaya untuk jasa dan pengadaan produk yang dibayarkan langsung terkait dengan peluang kerja dan umumnya sumberdaya lokal. Porsi biaya pungli yang (umumnya) dibayarkan keluar negeri membutuhkan devisa yang membebani neraca negara bersangkutan.

Q
Qtopia
adalah platform aplikasi dari Trolltech, perusahan dibalik platform framework Qt, untuk PDAs, mobile phones, web pads, dan perangkat computing lain denga n basis embedded Linux. Qtopia menerapkan lisensi ganda dibawah GPL dan proprietari.
Fitur Qtopia antara lain:

· Windowing system

· Synchronization framework

· Development environment

· Internationalization and localization support

· Games and multimedia

· PIM applications

· Full screen handwriting

· Input methods

· Personalization options

· Productivity applications

· Internet applications

· Java integration

· Wireless support

Query

Proses pengambilan data dari suatu asas data dan menyediakannya untuk dipakai atau suatu himpunan tertentu yang berisi instruksi untuk mengambil data tertentu secara berulang.


R

Real time

Operasi real time adalah lingkungan di mana aktiviti mesin sesuai dengan persepsi manusia mengenai waktu atau di mana operasi komputer berjalan dengan kecepatan dengan proses fizikal atau eksternal.


Resolution/ Resolusi

Kejernihan atau kehalusan detil yang diperoleh monitor atau printer dalam menghasilkan gambar. Resolusi biasanya dipakai untuk menunjukkan jumlah total pixel yang ditampilkan secara horisontal atau vertikal pada tampilan video.


Router

Alat perantara pada jaringan komunikasi yang melancarkan pengiriman pesan.

RJ-11
Stopkontak modul standar yang dipakai untuk koneksi telepon. RJ-11 bisa mencapai enam pin tetapi biasanya hanya memakai empat pin.

RJ-45 connector
Stopkontak modul standar yang dipakai untuk jaringan Ethernet. RJ-45 connector mempunyai delapan pin, yang kadang-kadang dinamakan position.

Rdesktop
rdesktop: adalah sebuah Remote Desktop Protocol Client untuk mengakses Windows NT Terminal Server. rdesktop merupakan sebuah klien open source untuk Windows NT Terminal Server dan Windows 2000/2003 Terminal Services, mampu secara nativ berbicara dengan Remote Desktop Protocol (RDP) untuk menampilkan sebuah desktop NT kepada pengguna. Berbeda dengan layana serupa dari Citrix ICA, disini tidak diperlukan server extensions. rdesktop saat ini jalan hampir di semua plaform berbasis UNIX termasuk Lunux yang menggunakan sistem X Window. rdesktop mulanya ditulis oleh Matthew Chapman dirilis dibawah lisensi GNU Public Licence (GPL).

RHEL
Red Hat Enterprise Linux disingkat RHEL™ adalah distribusi Linux yang ditargetkan untuk pengguna komersil, termasuk untuk mainframes. Seperti produk skala perusahan lainnya Red Hat® mendukung RHEL paling tidak selama 7 sejak rilis perdana. Kecuali itu Red Hat menawarkan sertifikasi pelatihan seputar platfor RHEL seperti Red Hat Certified Technician (RHCT), Red Hat Certified Engineer (RHCE), Red Hat Certified Security Specialist (RHCSS) dan Red Hat Certified Architect (RHCA). Sejak 2005 Red Hat produk software RHEL yang ditawarkan sebagai subscription dalam 4 varian:
* RHEL AS (advanced server) – untuk sistem skala besar;
* RHEL ES (edge server or entry-level server) – untuk sistem skala menengah;
* RHEL WS (workstation) – untuk personal dan power-user desktops;
* Red Hat Desktop – untuk penggunakan client-oriented single-user.

RMSRichard Matthew Stallman, a.k.a. RMS, (lahir 16 Maret 1953)
adalah pendiri gerakan free software disebut the GNU project, dan juga Free Software Foundation. Beliau juga dikenal sebagai hacker yang disegani, sebagai pemrogaram banyak paket software termasuk GNU Emacs, GNU C Compiler, dan GNU Debugger. RMS adalah autor dan pencetus the GNU General Public License (GNU GPL atau GPL) yang merupakan salah satu free software license paling banyak digunakan (termasuk Linux), dan adalah pionir dari konsep copyleft.

Sejak pertengahan dasawarsa 1990-an, ia menghabiskan waktunya terutama untuk kampanye bersifat politis, meng-advokasikan free software dan ber-kampanye melawan idea hak patent untuk software termasuk ekspansi hukum copyright. Waktu yang masih tersisa digunakan untuk pemrograman GNU Emacs. RMS saat ini didukung oleh sejumlah fellowships dan mejalankan hidup secara sederhana.


RMS.jpg

Richard Stallman diambil dari cover buku Free as in Freedom

RPMRPM Package Manager
(mulanya disebut Red Hat Package Manager, disingkat RPM) dalam kontek package management merujuk dua hal: format file sebuah paket software, dan perkakas atau tool original untuk mengelola paket tersebut. RPM terutama dibuat untuk Linux. Perkakas pengelola RPM dapat menginstalasi, meng-update, uninstalls, verifikasi dan queries untuk software. Format file RPM adalah format paket dasar dari Linux Standard Base.
Mulanya dikembangkan Red Hat untuk Red Hat Linux, kemudian banyak digunakan distribusi lainnya. Juga diportasi ke sistim operasi lainnya seperti Novell NetWare (sejak versi 6.5 SP3) dan IBM AIX sejak versi 5.

S

SaaS
Software as a service (SaaS) adalah model pendistribusian software dimana aplikasi-aplikasinya di kost-kan (hosting) oleh vendor atau service provider disedia untuk pelanggangnya melalui jaringan, tipikal tersedia via Internet. SaaS lambat laun merupakan pilihan utama sebuah model pendistribusian software selaras dengan perkembangan teknologi pendukungnya yang menanjak dewasa seperti Ajax dan SOA (service-oriented architecture) dan perkembangan teknologi lainnya termasuk Ajax menjadi semakin popular. Selain itu meningkatnya ketersedian akses Internet pita lebar diseantero dunia juga sangat mendukung model ini.

Pengertian SaaS sangat dekat dengan model pendistribusian software ASP (application service provider) dan On Demand Computing . IDC mengindentifikasikan dua model pendistribusian yang satu dengan lainnya nyaris serupa yaitu: [1] hosted application management (hosted AM) yang mirip dengan model ASP dimana software komersil di hosting untuk disalurkan via Web. Sementara yang lainnya yaitu [2] model pendistribusian software on demand, dimana provider menyediakan akses berbasis jaringan kepada pelanggannya untuk menyalurkan kopi software aplikasi yang khusus dibuat untuk didistribusikan via SaaS.

Keuntungan yang diperoleh penditribusian model SaaS termasuk: * kemudahan administrasi * pengelolaan updates dan patch secara otomatis * kompatibilitas: karena semua pengguna memiliki versi software yang sama * kemudahan kolaborasi * dapat diakses dari seluruh dunia (global).

Samba
adalah software bebas berlisensi GPL, merupakan implementasi sistem jaringan Microsoft (implementation of Microsoft's networking system). Pada versi 3, Samba tidak hanya menyediakan layanan 'file and print services' untuk berbagai klien Microsoft Windows, lebih dari itu juga terintegrasi dengan domain server Windows, baik sebagai sebuah Primary Domain Controller (PDC) atau sebagai Domain Member. Ia juga dapat menjadi bagian dari domain Active Directory.
Samba jalan nyaris di semua sistem berbau Unix terutama di GNU/Linux, Solaris, dan keluarga BSD, termasuk juga di Apple's Mac OS X Server dan OS X workstation (mulai versi 10.2). Paket software Samba disertakan hampir di semua distribusi Linux.

SAP
adalah perusahan software terbesar di Europa dengan kantor pusat di Walldorf, Jerman. SAP didirikan pada tahun 1972 sebagai Systemanalyse und Programmentwicklung oleh lima insinyur mantan IBM di Mannheim (Jerman). Akronim kemudian dirubah menjadi SAP singkatan dari Systeme, Anwendungen und Produkte in der Datenverarbeitung ("Sistem, Aplikasi dan Produk untuk Pengelolaan Data") dan berdasarkan hasil rapat umum, sejak 2005 ditetapkan sebagai SAP AG, dimana AG adalah perusahan terbuka (Tbk). Internasional SAP merupakan perusahan software nomor tiga terbesar setelah Microsoft dan Oracle dalam hal market capitalization. SAP nomor satu didunia sebagai penyedia solusi aplikasi bisnis dan Enterprise Resource Planning (ERP) dalam perhitungan omset. Produk SAP terfokus dan termasuk pionir dalam penyediaan solusi ERP. Produk utamanya adalah MySAP ERP. Sebelumnya bernama SAP R/3 yang menggambarkan fungsionalitasnya yaitu: "R" adalah realtime data processing dan angka 3 terkait dengan arsitektur 3-tier: database, application server and client (SAPgui).


Scan

Menggerakkan alat peka cahaya sepanjang permukaan yang ditempati gambar seperti halaman teks, mengkonversi berbagai bidang pada permukaan menjadi digit biner yang dapat diinterpretasi oleh komputer.

Scanner
Device yang dipakai untuk menyalin kertas, slide, transparansi, atau media lain ke suatu format digital, yang kemudian bisa disimpan dan dimanipulasi di sebuah komputer.

SCSI/Small Computer System Interface

Interface paralet dengan tahap kecepatan tinggi yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke alata lainnya seperti harddisk, printer, atau ke komputer lain secara jaringan.

Serial
Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara berurutan, satu bit pada suatu waktu, melalui kabel tunggal. Pada umumnya komunikasi serial agak lambat dibanding komunikasi paralel.

Serial port

Konektor/ soket untuk lokasi input/output untuk transmisi data serial seperti printer atau mouse.

Shareware
Program yang boleh digunakan secara terhad untuk jangka waktu percobaan tertentu

Share name
Nama yang Anda berikan ke printer yang dipakai bersama-sama yang akan dilihat para pemakai lain saat mereka berhubungan ke printer di jaringan. Anda bisa mengganti share name dengan memakai tab Sharing pada kotak dialog Properties untuk printer itu.

Shared Documents folder
Sebuah folder pada komputer-komputer Windows XP yang mengizinkan dokumen-dokumen dipakai bersama-sama dengan para pemakai lain dari komputer itu serta komputer-komputer lain di jaringan. Sebuah folder dengan nama ini juga dibuat pada sistem operasi Windows lainnya oleh Windows XP Network Setup Wizard.

Shared folder
Sebuah folder yang dapat diakses ke komputer-komputer lain di jaringan.

SIMM

Singkatan dari Single In-line Memory Module. Papan rangkaian kecil yang dirancang untuk menempati chip/IC memori.


Sound clip

Koleksi suara pada sebuah disk yang dapat diambil dan digabungkan ke dalam dokumen dengan bantuan software atau hardware tertentu.

SRAM/ Static RAM
Chip RAM yang dapat menyimpan sekitar seperempat data pada chip DRAM tetapi jauh lebih cepat dari pada DRAM. Harganya masih mahal

Stack

Daerah memori yang dicadangkan dimana program menyimpan data status, seperti prosedur dan fungsi yang memanggil return address, meneruskan parameter, dan (kadang-kadang) variabel setempat.


Storage

Suatu alat yang secara fisik dapat digunakan menyimpan data atau informasi mengenai fail/ arsip dan dapat dibaca komputer.

Streaming
Suatu metode mengirimkan isi yang di dalamnya isi diletakkan di sebuah server yang ditransmisikan melalui suatu jaringan dalam aliran yang terus-menerus, lalu dimainkan oleh software client. Misalnya, dengan streaming musik, player bisa mulai memainkan musik segera, bukan menunggu seluruh file musik di-download ke komputer.

Spreadsheet program

Paket program komputer yang digunakan untuk memproses data keuangan dan data lain yang berhubungan dengan angka seperti anggaran, analisa cash flow, dan

sebagainya.

SchoolForge
adalah koalisi open source atau gabungan dari grup pengembang, menjamen sekolah, panel penasehat kurikulum dan organisai lainnya dengan tujuan untuk memandu penggunaan Open Source Software dan Open Content di sistem pendidikan, di seluruh dunia. Misi yang dibawa Schoolforge adalah menyatukan organisasi independen yang men-advokasi-kan, menggunakan dan mengembangkan open resources untuk sekolah dasar dan menengah. Schoolforge memperdaya anggota organisasi untuk membangun sumber (daya) open educational lebih efektiv, efisien, dan mempersatukan dengan meningkatkan komunikasi, berbagi sumber (sharing resources), dan meningkatkan transparasi pengembangannya. http://www.schoolforge.net/

Sistem Operasi
adalah kumpulan program yang berinteraksi satu dengan lainnya mengelola perangkat keras dan menyediakan berbagai fasilitas operasi dasar, misalnya penyimpanan file, akses ke jaringan, eksekusi program, dan pemanfaatan memori.

SOAService-Oriented Architecture (SOA)
adalah konsep sebuah arsitektur software yang mendefinisikan penggunaan dari layanan (services) dalam menentukan kebutuhan software users. Dalam lingkungan SOA, simpul dalam sebuah jaringan menyediakan sumber (resources) untuk partisipan lainnya dalam jaringan sebagai sebuah layanan independen dan dapat diakses partisipan dengan cara yang telah distandarisasi. SOA menyediakan sebuah metologi dan framework untuk mendokumentasikan kemampuan enterprise dan dapat mendukung aktivitas integrasi dan konsolidasi.

Skype
adalah jaringan proprietari untuk peer-to-peer internet telephony (VoIP) yang dibangun oleh Niklas Zennström dan Janus Friis, juga pendiri KaZaA. Protokol yang digunakan Skype menyaingi protokol open VoIP yang ada seperti SIP atau H.323. Grup Skype berpusat di Luxembourg dengan kantor cabang di London dan Tallinn. Sistem Skype memiliki reputasi mampu beroperasi menembus berbagai jenis koneksi jaringan (termasuk firewall dan NAT). Pengguna Skype dapat melakukan percakapan satu dengan lainnya tanpa dipungut biaya, sedangkan sambungan ke nomor telepon biasa dikenakan biaya (SkypeOut), demikian juga penerima menggunakan telepon biasa (SkypeIn) termasuk menerima pesan voicemail. Skype di akuisisi eBay pertengahan 2005 dengan nilai US$ 2.6 miliar dalam bentuk tunai dan saham, plus bonus sebesar $1.5 miliar, bila target terpenuhi dalam tahun 2008.

SLESLE atau SUSE® Linux Enterprise

adalah platform utama untuk solusi Open Enterprise™ dari Novell. Pada tahap diluncurkannya SLE 10 yang menjadi basis untuk produk SUSE Linux Enterprise Server (SLES) 10 dan SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED) 10, diklaim sebagai satu-satunya yang menawarkan fitur aplikasi terintegrasi (built-in) untuk sekuriti, virtualisasi dan pengelola sistem di semua arsitektur hardware yang luas didukungnya.

Snort
adalah aplikasi keamanan dari suatu jaringan yang sanggup melakukan real-time traffic analysis dan packet logging, biasanya di sebut sebagai Network Intrusion Detection System (NIDS). Snort sendiri adalah Open Source yang tersedia di berbagai variasi Unix (termasuk Linux) dan juga Microsoft Windows. Sebuah NIDS akan memperhatikan seluruh segmen jaringan dimana dia berada, berbeda dengan host based IDS yang hanya memperhatikan sebuah mesin dimana software host based IDS tersebut di pasang. Secara sederhana, sebuah NIDS akan mendeteksi semua serangan yang dapat melalui jaringan komputer (Internet maupun IntraNet) ke jaringan / komputer yang kita miliki.

SynapticSynaptic
package manager adalah program merupakan GTK+ front-end dari Advanced Packaging Tool untuk sistem pengelola paket distribusi Debian. Synaptic umumnya digunakan pada sistem dengan basis pemaketan debRPM.
Pengembangan Synaptic mulanya didanai oleh Conectiva, kini di-maintain oleh Michael Vogt.

T
TCP/IP
Protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer di Internet untuk berkomunikasi satu sama lain. Karena semua komputer di Internet memakai TCP/IP, maka komputer itu bisa berkomunikasi dengan lancar. TCP/IP juga merupakan protocol pilihan bagi jaringan rumah atau jaringan kantor yang memakai Windows XP.

Third-party cookie
Cookie yang diletakkan di komputer Anda oleh situs Web selain situs Web yang sedang Anda kunjungi. Misalnya, banyak Web pages memakai isi dari sumber-sumber lain, seperti iklan, dan third-party sources ini dapat meletakkan cookie di komputer Anda. Third-party cookie mampu melewati banyak pelindung privasi yang dipasang ke cookie, yang mengakibatkannya terjadi resiko privasi yang lebih tinggi. Lihat juga first-party cookie.

Token Ring

Struktur objek data yang unik atau pesan yang berkeliling secara bersambung di antara node-node suatu jaringan yang bertopologi gelang (topologi tertutup, ring) dan menggambarkan status yang ada di jaringan.

TCOTotal cost of ownership (TCO)
adalah salah satu cara perhitungan yang didisain untuk membantu baik konsumen maupun manajer perusahan dalam meng-evaluasi biaya langsung dan tidak langsung, termasuk keuntungan yang terkait dengan pengadaan software atau hardware. Sejatinya TCO menghasilkan sebuah statement final yang merefleksikan tidak hanya nilai beli saja, tapi mencakup semua aspek penggunaan dan pemeliharaan komponen pengadaan komputer. Dalam kaitan itu termasuk pelatihan untuk teknisi dan pengguna sistem tersebut. Karena itu TCO acapkali dikaitkan dan disebut sebagai Total Cost of Operation.
Analisa TCO dibuat untuk pertama kalinya oleh Gartner Group pada tahun 1987, kemudian dikembangkan menjadi sejumlah metologi dan software tools yang beragam. Pengadaan sebuah sistem komputer dapat diartikan kecuali pembelian produk diperhitungkan termasuk: repairs, maintenance, upgrades, service and support, networking, security, user training, and software licensing.

Telematica"Telematika"
adalah istilah bahasa Indonesia merupakan konvergensi dari Tele="Telekomunikasi", ma="Multimedia" dan tika="Informatika", atau konvergensi dari "3C": "content", "Computing", and "Communication".

ThunderbirdMozilla
adalah sebuah cross-platform email and news client bebas yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla Foundation dengan strategi serupa dengan Mozilla Firefox, sebuah proyek web browser bebas. Seperti Firefox yang memberi nuansa baru untuk sebuah web browser, Thunderbird menyempurnakan antarmuka untuk mail dan news. Versi 1.0 dirilis 7 Desember 2004 langsung popular didownload lebih dari setengah juta dalam 3 hari dan 1 juta dalam 10 hari pertama setelah rilis.

Tomcat
Apache Tomcat adalah web container dikembangkan oleh yayasan Apache Software Foundation (ASF). Tomcat menerapkan spesifikasi servlet dan JavaServer Pages (JSP) dari Sun Microsystems untuk menyediakan lingkungan yang memungkinkan kode Java jalan bekerjasama dengan web server. Ditambahkan tools untuk konfigurasi dan pengelolaan, namun dapat dikonfigurasi via file yang diedit dalam format XML. Tomcat menyertakan sebuah server HTTP didalamnya. Mesin servlet bawaan Tomcat dapat dikombinasikan dengan Apache HTTP Server atau web servers lainnya. Tomcat juga dapat berfungsi sebagai web server independen dalam lingkungan produksi dengan beban traffic yang tinggi. Berkat Java, Tomcat jalan di platform silang yang menyediakan Java Runtime Environment.

Trojan horse

Suatu program yang menyamar sebagai suatu file atau program yang sah dan berusaha untuk melewati pintu keamanan dan kalau tidak memperdayai para pemakai supaya membuka virus atau program jahat lainnya di komputer mereka.

U
Universal Plug and Play (UPnP) Forum
Sekelompok perusahaan yang jumlahnya lebih dari 350 yang mendefinisikan kerangka kerja arsitektur untuk menghubungkan layanan dan device elektronik. UPnP Forum sedang membuat sejumlah standar untuk mengaktifkan konektivitas dan komunikasi di antara Windows dan alat-alat yang cerdik di rumah, kantor, dan lokasi-lokasi lain.

Unshielded Twisted Pair (UTP)
Jenis pengkabelan telepon tembaga yang paling lazim yang dipakai di dalam kabel untuk membuat jaringan.

Universal Serial Bus/ USB
Kombinasi hardware, software dan kabel listrik yang menghasilkan suatu cara berkomunikasi antara semua bagian komputer yang berlainan secara universal, satu per satu, atau Interface Plug and Play yang standar di antara sebuah komputer dan device tambahan. USB port memudahkan untuk menambahkan device ke komputer Anda tanpa harus menambahkan adapter card atau bahkan menonaktifkan komputer. Anda bisa menambahkan device, misalnya printer, joystick, mouse, keyboard, dan adapter jaringan.

V

Validasi

Pengujian untuk mengukur persesuaian dengan piawaian .


Visual Image

Deskripsi gambar yang disimpan dan dirakam dengan berbagai cara dan merupakan suatu salinan atau reproduksi yang diedit untuk sebuah citra di komputer.


Video Card

Card yang dapt mengubah data analog dari kamera, VCR, laser disc, maupun televisi menjadi data digital, sehingga dapat disimpan di harddisk. Selanjutnya data video diolah oleh komputer dan hasilnya dapat ditampilkan di layar komputer, pesawat TV, atau dirakam ke kaset video.


VGA/ Video Graphic Array

Merupakan video adapter yang diperkenalkan oleh IBM pada 1987, yang menduplikasikan sampel suatu variabel fisik, seperti suara. Makin tinggi samping rate atau makin banyak sampel diambil persatuan waktu, makin rapat hasil digitasi menyerupai aslinya.

VoIP IP Telephony
disebut 'Internet telephony' adalah teknologi yang memungkinkan routing pembicaraan voice conversations melalui Internet atau jaringan IP lainnya. Keuntungan VoIP dibandingkan telepon tradisional adalah:

Perkembangan inovasi VoIP jauh lebih cepat.

Biaya per call jauh lebih rendah, atau bahkan gratis (bila sambungan Internet telah tersedia).

Biaya untuk infrastruktur lebih rendah: sekali IP infrastructure terinstalasi, hanya sedikit investasi dibutuhkan untuk penambahannya.

Tersedia fitur-fitur baru yang advance.

Tingkat kehandalan dan resilience lebih tinggi.

"Future proof" hardware, karena fungsionalitas berbasis software (protocol).

Voice over IP traffic dapat diterapkan di jaringan IP network apa saja, juga tanpa koneksi internet seperti jaringan LAN dalam sebuah gedung.

Virus
Suatu program kecil yang menyelinap masuk ke sebuah komputer, biasanya mengerjakan beberapa tugas yang berbelit-belit, lalu meniru serta menyebarkan dirinya sendiri ke komputer-komputer lain. Pengembangbiakan jaringan dan Internet memberikan virus suatu metode yang baru dan efektif untuk penyebaran.

Virus protection software
Suatu program yang memantau virus-virus yang dikenali di sebuah komputer dan menggunakan ukuran untuk mempertahankan komputer dari virus tersebut

W

Wavetable synthesizer

Sistem yang berdiri sendiri, membangkitkan suara digital yang bukan karena manipulasi alat fisik atau rekaman suara dan dapat menghasilkan suara yang realistis tanpa gangguan.

Web 2
Defininsi Web 2.0 (atau Web 2) secara bebas adalah sebuah Teknologi dan Aplikasi Internet Maju termasuk blog, wiki, RSS dan bookmark sosial. Mulai dikumandangkan oleh O'Reilly Media dan MediaLive International sejak tahun 2004, disusul dengan konferensi membahas konsep dan isu Web generasi mendatang. Dua komponen utama Web 2.0 adalah teknologi maju yang dimungkinkan oleh Ajax dan aplikasi lainnya seperi RSS dan Eclipse.
Perbedaan signifikan antara Web 2.0 dan World Wide Web tradisional (dijuluki terbalik sebagai Web 1.0) adalah kemampuan berkolaborasi langsung diantara pengguna Internet dan lainnya termasuk penyedia konten dan perusahan.

Saat ini belum ada pembatasan atau demarkasi yang jelas antara Web 2.0 dan Web 1.0, baik dalam hal teknologi, hardware maupun aplikasi. Namun pengertian yang masih kabur dan subyektif tentang karakteristik sebuah Web 2.0 dapat dicerahkan dari keterkatitan komponen-komponen seperti: blogging * Ajax dan teknologi baru lainnya * layanan Web cuma-cuma berbasis Google dan lainnya * sindikasi menggunakan RSS * social bookmarking * mash-ups * wiki dan aplikasi kolaborasi lainnya * konten dinamis sebagai kebalikan dari konten statik * ensiklopedia dan kamus interaktif * kemudahan dalam mengkreasi, memodifikasi dan menghapus data oleh pengguna individu * dan advanced gaming.

Kritik yang diacungkan kepada Web 2.0 adalah terlampau mudahnya seseorang mencampuri konten online sehingga ia menurunkan kredibilitas, etika dan bahkan legalitasnya diragukan. Pembela Web 2.0 sebaliknya menandaskan bahwa hal semacam itu telah terjadi sejak awal keberadaan media diikuti pemberlakuan sensor terhadap konten yang membuat situasi malah menjadi sangat parah. Keabsahan sebuah konten Web ujung-ujungnya, menurut pembela Web 2.0, terletak ditangan penggunanya semata dan kemunculan Web 2.0 itu sendiri sudah merupakan refleksi dari direksi menuju kesitu. Sejumlah pengamat mengklaim bahwa Web 2.0 adalah sekedar transisi, sementara implementasinya nanti terjadi pada Web 3.0.

Wi-FiWi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi)
singkatan darir "Wireless Fidelity", adalah standar kompatibilitas untuk satu set perangkat untuk wireless local area networks (WLAN), yang menggunakan spesifikasi IEEE 802.11 sebagai basis. Standar lebih baru yang terkait dengan spesifikasi 802.11 seperti 802.16 ( WiMAX ), saat ini (2005) sedang digarap menawarkan banyak peningkatan seperti jangkaun lebih luas dan kecepatan lebih tinggi.
Wi-Fi mulanya ditargetkan untuk perangkat bergerak ( mobile devices ) dan LANs, tapi kini lebih lazim digunakan untuk meng-akses Internet. Dengan demikian dimungkinkan seseorang dengan sebuah wireless-enabled computer atau personal digital assistant (PDA) untuk tersambung ke Internet bila berada disekitar jangkauan sebuah access point. Wilayah geografis yang dijangkau sebuah atau beberapa access points disebut hotspot.

Produk atau perangkat yang memenuhi sepesifikasi dapat mencantumkan logo resmi Wi-Fi, yang mengindikasikan bahwa perangkat tersebut dapat berinteraksi satu dengan lain produk sesama berlogo Wi-Fi.

WiMAX
WiMAX acronim untuk Worldwide Interoperability for Microwave Access, adalah produk sertifikasi yang konform dan test interoperabiliti dengan standar IEEE 802.16. Sementara

Wine
Wineadalah program dari proyek dengan nama yang sama memungkinkan PC yang menggunakan sistem operasi Unix-like dan sistem X Window menjalankan programs (aplikasi) untuk Windows (Microsoft). Sebagai alternativ, bagi mereka yang menghendaki pemindahan atau port aplikasi Windows ke sistem Unix-like (a.l. Linux), dapat mengkompail dengan Wine libraries.
Nama Wine berasal dari akronim rekursiv "Wine Is Not an Emulator" (yang mengimplementasikan lapisan kompatibel), sementara yang lainnya mengartikan secara tidak resmi sebagai "Windows Emulator".
Wine adalah free software, berlisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Versi beta perdana 0.9 dirilis pada tanggal 25 Oktober 2005 setelah dikembangkan selama 12 tahun.

Web storage
Sebuah folder di jaringan yang di dalamnya Anda bisa menyimpan file. Web storage merupakan layanan yang tepat untuk dipakai ketika Anda ingin bersama-sama memakai foto, musik, atau video dengan keluarga dan teman.

Windows Messenger
Suatu layanan Windows yang membolehkan adanya komunikasi instan di antara sekelompok orang tertentu melalui Internet. Tak seperti program chat Internet, Windows Messenger hanya mengizinkan orang yang Anda inginkan sebagai bagian dari percakapan yang sedang berlangsung


WORM/ Write Once, Read Many

Jenis disk optik yang dapat dan dibaca ulang tetapi tidak dapat diubah setelah dirakam dengan ruang penyimpanan kapasiti tinggi.


Worksheet

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan fail data yang dibentuk dan dipakai oleh dan dengan program lembar kerja elektronik. Contoh MS Excel

X
x86-64AMD64
atau x86-64 atau x64 adalah prosesor dengan arsitektur 64-bit yang diciptakan (invented) oleh AMD. Merupakan superset dari arsitektur x86 dan juga didukung secara nativ. Set instruksi AMD64 saat ini digunakan di prosesor tipe Athlon 64, Athlon 64 FX, dan Opteron.
Intel (kemudian)merilis salinan arsitektur AMD64 yang diimplementasikan di Xeon generasi baru dan prosesor Pentium 4 F kemudian ganti nama rebranding menjadi

EM64T
Intel juga menambahkan beberapa instruksi di EM64T terutama untuk menangani teknologi Hyperthreading.
Set instruksi AMD's x86-64 atau AMD64 merupakan usaha ambisius untuk membersihkan dan mengupdate arsitektur Intel x86-32 ke format yang lebih dekat dengan leading edge 64 bit RISC environments. Dirk Meyer adalah salah satu original co-architects dari DEC Alpha 64 bit chip disebutkan berperan dalam pembuatan spesifikasi AMD64.

Xen
Xen adalah open source virtual machine monitor, dikembangkan di University of Cambridge. Dibuat dengan tujuan untuk menjalankan sampai dengan seratus sistem operasi ber-fitur penuh (full featured OSs) di hanya satu komputer. Virtualisasi Xen menggunakan teknologi paravirtualisasi menyediakan isolasi yang aman, pengatur sumberdaya, garansi untuk quality-of-services dan live migration sebuah mesin virtual. Untuk menjalankan Xen, sistem operasi dasar harus dimodifikasi secara khusus dan dengan cara ini dicapai kinerja virtualisasi sangat tinggi tanpa hardware khusus.

Xfce
adalah salah satu lingkungan desktop seperti KDE atau GNOME untuk platform Unix dan platform mirip Unix, seperti Linux, Solaris atau BSD. Konfugurasi terutama menggunakan maus dimana configuration files tidak ditampilkan untuk pengguna biasa. Penciptanya Olivier Fourdan mengklaim: "Didisain untuk produktivitas, ditampilkan dan dijalankan sangat cepat sementara mengehemat sumber daya (resources)". Xfce juga menyediakan framework untuk mengembangkan aplikasi. Pihak ketiga juga memanfaatkan pustaka yang disediakan berkat kelebihan dalam hal Mousepad text editor, Xfmedia audio player dan Terminal. Seperti GNOME, Xfce menggunakan GTK+ 2.x toolkit sebagai basis. Distribusi Linux yang menggunakan Xfce secara default antara lain:
* Xfld (Xfce live demo)
* Archie
* College Linux
* Dream Linux
* Fedora Core sebelum rilis 4 (Stentz)
* FreeSBIE (FreeBSD LiveCd)
* Kate OS
* Morphix (LightGUI version)
* Slackware
* Slax (Popcorn Edition)
* Vector Linux
* Whoppix
* Xubuntu
* Zenwalk

Xgl
adalah arsitektur X-server, diprakasai oleh David Reveman, merupakan lapisan top dari OpenGL via glitz. Memanfaatkan kecangihan kartu grafis moderen via drivers untuk OpenGL, didukung semua 'hardware acceleration' dari semua aplikasi X, OpenGL dan XVideo termasuk efek grafis saat mengkomposisi 'window manager' seperti Compiz.

Xine
adalah sebuah multimedia playback engine untuk Unix dirilis dengan lisensi GNU General Public License. Ia dapat memainkan aneka CD, DVD, dan Video CD, termasuk format multimedia uang umum untuk komputer termasuk AVI, WMV, mov, MP3, FLAC, Theora, Speex, dan Vorbis. xine dibangun sebagai sebuah shared library (xine-lib) yang dapat mendukung berbagai aplikasi frontend player yang berbeda. Untuk men-decode data multimedia, xine memanfaatkan libraries dari FFmpeg project atau dari binary codecs.

XML
singkatan dari Extensible Markup Language adalah sebuah bahasa markup umum (general-purpose markup language) yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consosrtium) untuk digunakan membuat dokumen dengan markup languages. XML diturunkan dan merupakan subset yang disederhanakan dari SGML dan mampu menjabarkan berbagai beragam jenis data yang berbeda. Mulanya digunakan untuk berbagi data antar aneka sistem berbeda terutama sistem yang tersambung ke Internet. Bahasa-bahasa berbasis XML (seperti: RDF, RSS, MathML, XHTML, SVG, dan cXML) di definisikan secara formal sehingga dimungkinkan program untuk di modifikasi dan validasi dokumen menggunakan bahasa-bahasa tersebut.

Xorg Server
dari XOrg Foundation adalah Open Source Public Implementation dari X11. Merupakan implementasi referensi resmi dari sistem X Window adalah open source dan free software. Proyek dikembangkan yayasan X.Org Foundation dan bernaung dibawah freedesktop.org. Versi perdana Xorg Server X11R6.7.0 diturunkan dari XFree86 4.4 RC2 oleh mantan pengembang XFree sebagai wujud dari ketidakpuasan para pengembang dengan lisensi yang diberlakukan untuk XFree86 4.4 final.
Kebebasan dari XOrg Server mendapat sambutan baik dengan meningkatnya popularitas di kalangan open-source Unix-like operating systems. Xorg kini di adopsi berbagai Distro terkemuka termasuk Gentoo Linux, Fedora Core, Slackware, SUSE, Mandrake Linux, Cygwin/X, Debian GNU/Linux, Ubuntu Linux, OpenBSD dan FreeBSD 5.x menggantikan posisi XFree86. Kecuali itu juga untuk OpenSolaris dari Sun Microsystems, sementara versi proprietari dari Solaris Operating Environment tetap menggunakan Xsun server.

XORP
singkatan dari eXtensible Open Router Platform dikembangkan peneliti dari International Computer Science Institute (ICSI) bertekad menyediakan platform 'routing' bebas dari ketergantungan yang saat ini didominasi segelintir perusahaan raksasa seperti Cisco Systems. Produk yang ingin dihasilkan tim berpusat di universitas Berkeley ini, paling tidak, harus memiliki stabilitas dan fitur yang sama dengan produk komersil yang ada. XORP mengadapsi lisensi BSD. XORP menerapkan 'routing protocols' baik untuk IPv4 maupun IPv6.

Xing MPEG Software

Program yang dapat memainkan aplikasi MPEG berupa filem-filem dalam media CD/ Video CD.

Y
YaST
Yet Another Setup Tool (YaST) adalah perkakas atau setup and configuration tool untuk mengelola sistem operasi dan digunakan distribusi SUSE Linux dan produk Novell lainnya. Menggunakan fitur AutoYaST dimungkinkan melaklukan instalasi secara otomatis dan unattended. Kini YaST adalah free software yang dibebaskan Novell dengan lisensi GPL. Pengembang memanfaatkan untuk digunakan di distribusi lain seperti proyek YaST untuk Debian.

YaST2
Mengemas fitur cukup lengkap dan kompeten untuk menginstalasi software, konfigurasi hardware, setup networks dan servers.

Z

ZIP

Extensi/Sambungan ada nama fail yang mengindikasikan bahwa fail tersebut sudah dikompres oleh program PKZIP. Contoh motor.zip

Top Post

Widget by Blogger Buster

Tinggalkan Pesan


Free chat widget @ ShoutMix

text area

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP