14 July 2008

apa itu windows ?

Tandingan dari Windows adalah sistem grafik X11. Tidak seperti Windows atau Mac, X11 bukan didesign untuk kemudahan dalam penggunaan, atau tampilan yang baik. Tapi hanya untuk menyediakan fasilitas grafik untuk mesin unix. Dibawah ini adalah perbedaan utama :

  • Pada Windows kita melihat dan merasakan persamaan tampilan dan citarasa di seluruh dunia, X11 tidak demikian: ini lebih mudah untuk dikonfigurasikan. X11 terlihat diberikan oleh komponen kunci yang dinamakan "windows manager". disitu ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih. Yang paling umum adalah fvwm, sederhana tapi menyenangkan dan efisien dalam penggunaan memori, fvwm2-95 dan level level berikutnya memberikan X11 sentuhan rasa seperti Windows 95, bahkan memiliki tambahan yang lain. Terlihat betul betul indah.
  • Window manager Anda dapat dikonfigurasikan, Windows: anda klik pada objek dan objek akan menjadi latar depan. Kemungkinan yang lain adalah Objek akan otomatis menjadi latar depan ketika mouse berada di objek tsb. Tampilan ini ("terpusat") dan beberapa yang lain dapat dirubah dengan meengedit satu atau lebih file konfigurasi. Bacalah dokumen (docs) dari window manager Anda.
  • X application (aplikasi X) ditulis dengan menggunakan library yang special("Widget sets"); tersedia beberapa jenis, dan aplikasi terlihat berbeda beda. Yang paling dasar adalah yang menggunakan Athena widgets (terlihat 2-D;xdvi, xman, xcalc); yg lain m enggunakan motif (netscape), ada juga yang menggunakan Tcl/Tk, Xforms, Qt dan lain lain. Beberapa (tidak semua) dari library library disediakan dengan tampilan dan citarasa seperti Windows.
  • Sejauh ini kita membicarakan tampilan X11, tapi apa citarasa nya ? Sayangnya, Semua aplikasi mempunyai karakteristik yang berbeda beda. Contoh, jika Anda memilih baris text dengan menggunakan mouse, dan menekan BACKSPACE, Dan anda menginginkan untuk menghilangkan baris tsb, benar ? tapi ini tidak dapat bekerja pada apli kasi berbasis Athena. hanya dapat dikerjakan oleh Motif, Qt, dan Tc1/Tk ;
  • Scrollbar, penggantian ukuran (resizing), dan permainan icon: bergantung pada window manager dan set pada widget. Dan terlalu banyak untuk di sebutkan disini. Hanya saja ketika menggunakan Aplikasi berbasis Athena scroll bar akan lebih mudah untuk digerakkan dengan menggunakan tombol tengah mouse. Jika Anda tidak mempunyai mouse yang bertombol tiga, coba dengan menekan 2 tombol secara bersama sama.
  • Aplikasi aplikasi tidak mempunyai icon default. Tapi mempunyai bermacam macam jenis. Ini tergantung pada window manager. Desktop dikatakan "root window" dan Anda dapat merubah penampilan ini dengan menggunakan aplikasi seperti xsetroott atau xloadimage;
  • Clipboard hanya dapat menampung teks, dan berlaku aneh. Sekali Anda sudah memilih teks, dan ini akan siap untuk dikopi ke clipboard: gerakan ke lain tempat dan tekan tombol tengah. Itu adalah aplikasi, xclipboard, yang menyediakan untuk buffer clipboard gAnda.
  • drag dan drop (mendrag dan meletakkan dgn mouse) adalah pilihan, dan ini hanya tersedia apabila Anda menggunakan x-applications (aplikasi x) yang mendukungnya. Untuk menghemat memori, lebih baik menggunakan aplikasi yang menggunakan library library yang sama, tapi ini sulit untuk dilakukan dalam praktek. Ada rencana yang dinamakan K Desktop Environment ( Lingkungan K Desktop ) yang sasarannya pada membuat X11 t ampilan dan gayanya saling berkaitan seperti windows. ini sekarang dalam tahap awal beta. tapi percayalah. Ini akan membawa Windows interface malu, silakan buka browser Anda dan kunjungi http://www.kde.org

0 comments:

Top Post

Widget by Blogger Buster

Tinggalkan Pesan


Free chat widget @ ShoutMix

text area

  © Blogger template 'Bean' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP